10 Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Posted on

Mempunyai tinggi badan yang ideal adalah idaman setiap manusia. Apalagi ada banyak profesi yang mengutamakan tinggi badan. Walaupun tidak untuk menjadi suatu profesi tetap mempunyai tinggi badan yang ideal juga tetap menjadi keinginan banyak manusia pada umumnya.

Ada berbagai macam cara untuk membuat tubuh menjadi tumbuh dengan baik. Dengan syarat usia masih dalam usia pertumbuhan. Ada banyak yang berpendapat beberapa olahraga sederhana bisa mampu membantu pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini beberapa olahraga untuk menambah tinggi bada saya kutip dari beberapa artikel,

10 Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

1. Lari

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang mampu membantu anda untuk meningkatkan pertumbuhan tinggi badan, karena olahraga ini mempu merangsang pertumbuhan tulang anda dengan baik terutama jika dilakukan pada masa pertumbuhan. Anda dapat melakukan jenis olahraga ini secara rutin pada pagi hari minimal selama 30 menit setiap harinya. Sedangkan bagi orang dewasa, sebaiknya dibantu dengan mengkonsumsi suplemen peninggi badan agar mendapatkan hasil yang optimal.

baca juga : 11 Manfaat Joging untuk kesehatan tubuh

2. Lompat Tali

Olahraga ini menggunakan tali yang terbuat dari karet atau dari bahan yang lain. Namun, Anda juga bisa menggunakan tali tambang. Lompat tali merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan otot dan tulang kaki serta ayunan tangan. Ketika melompat, kaki seperti ditarik kebawah karena adanya gaya gravitasi sehingga dapat merangsang pertumbuhan tulang kaki Anda. Lakukan secara rutin pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Berenang

Ssudah banyak yang tau dan bukan rahasia lagi jika berenang dapat membuat tubuh menjadi tinggi. Bahkan, sekarang ini sudah banyak balita diperkenalkan dengan olahraga berenang dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan tulang pada balita. Dan dengan berenang juga bisa melatih gerak motorik dari sang balita. Berenang sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin meninggikan badan

baca juga : Tehnik Dasar Dalam Berenang dan Macam – macam Gaya Berenang

4. Basket

Berbagai olahraga bola yang ada namun yang sangat populer adalah basket. Basket menjadi pilihan olahraga yang bisa meninggikan badan karena gerakannya lebih banyak melompat. Tak heran bila kebanyakan para pemain basket memiliki badan yang tinggi. Olahraganya pun bisa dilakukan sendiri maupun berkelompok.

 

5. Senam Aerobic

Banyak orang menjadikan senam aerobic untuk melangsingkan badan. Namun ternyata, Beberapa gerakan senam aerobic juga bermanfaat untuk meninggikan badan. Contohnya, gerakan jump squat atau melumpat kemudian langsung jongkok. Gerakan ini ternyata menarik otot dan tulang tubuh bagian bawah sehingga badan bisa tumbuh menjadi tinggi.

6. Volly

Tidak jauh berbeda dengan olahraga basket. Volly juga pada dasarnya olahraga yang banyak melakukan lompatan – lompatan, Sudah pastinya dalam olahraga volly banyak terjadi gerakan melompat terutama untuk lakukan smash maupun block bola.

7. Bersepeda

Bersepeda sudah tidak asing lagi dalam dunia olahraga. Banyak penggemar dari kota samapi ke desa.Dengan bersepeda akan menarik otot bagian kaki. Dengan tarikan otot di kaki bisa menambah tinggi badan. Selain itu bersepeda juga bisa menguatkan otot kaki.

baca juga : Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

8. Pull Up

Olahraga pull up ternyata tidak hanya melatih otot tangan dan otot dada saja. Pull up juga dapat menambah tinggi badan, karena disaat melakukan pull up secara tidak langsung terjadi penarikan otot pada bagian kaki, punggung dan bahu. Karena olahraga ini cukup berat, pastikan kondisi tubuh anda rileks, supaya tidak terjadi kram otot.

9. Squat Jump

Olahraga squat jump sangat mudah anda lakukan. Anda tidak memerlukan banyak alat untuk melakukan squat jump. Anda juga bisa melakuka dimana saja. Untuk melakukan gerakan ini awali dengan posisi jongkok, kemudian melompat sampai kaki bisa tegak lurus dengan tubuh. Lakukan rutin setiap pagi dan sore.

10. Sit Up

Kebanyakan orang menganggap sit up hanya untuk melatih otot perut saja. Ternyata selain untuk otot perut, gerakan sit up juga menarik otot dan tulang bagian pinggang dan kaki. Lakukan sit up secara rutin pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

baca juga : Macam – macam Cidera dalam Olahraga dan Penanganannya

Semua penjelasan di atas adalah alternatif olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan anda. Jangan lupa perhatikan asupan gizi dan suplemen yang juga berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan. Lakukan latihan dengan sbar dan disiplin. Karena tidak ada hasil yang instan. Oke, selamat hidup sehat….

 

referensi :

One thought on “10 Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *