manfaat olahraga jogging
manfaat olahraga jogging

11 Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

[manfaat olahraga jogging 

Berbagai macam jenis olahraga yang bisa dilakukan secara mudah. Ada olahraga yang populer di kalangan masyarakat. Salah satu olahraga yang populer di kalangan masyarakat adalah Olahraga Jogging. Olahraga Jogging merupakan salah satu kegiatan olahraga yang populer di kalangan pria dan wanita. Aktivitas olahraga jogging sangat mudah dilakukan, bisa dilakukan di pagi hari, siang hari dan malam hari.

baca juga : 10 Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Perbedaan Jogging dengan Lari

Perbedaan yang paling mendasar dalam olahraga jogging dan berlari adalah dalam intensitasnya. Dalam melakukan aktivitas berlari dituntut untuk bergerak lebih cepat, lebih banyak mengeluarkan kalori, kinerja jantung, paru – paru dan otot lebih besar jika di bandingkan dengan jogging. Jogging lebih tergolong olahraga santai.

 

Jogging banyak memberikan manfaat kesehatan yang meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan. Kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat dari Olahraga Jogging mengutip dari beberapa artikel.

11 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan Olahraga jogging bisa membantu anda dalam mengurangi resiko yang terkait berbagai penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung. Sebab dengan jogging dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung anda.

2. Mencegah Resiko Kanker

Pendapat dari beberapa peneliti setuju bahwa dengan olahraga jogging dapat membantu dalam pencegahan beberapa jenis kanker. Hal ini karena dikaitkan dengan perputaran oksigen yang lebih baik saat melakukan jogging. Dengan perputaran oksigen yang baik maka proses regenerasi sel tubuh juga ikut baik. Dengan itu bisa membantu mengurasi resiko kanker.

3. Mengontrol dan Mencegah Diabetes

Olahraga Jogging juga bisa membantu mengendalikan dan mencegah diabetes. Gaya hidup dan pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat serta kelebihan berat badan telah terbukti secara langsung dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Dengan anda melakukan jogging maka anda akan berusaha mengimbangi dengan pola hidup sehat.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Mood atau mental sangat berpengaruh dalam anda melakukan kegiatan satu hari itu.Olahraga Jogging juga bisa membantu kesehatan mental. Dengan jogging juga bisa membantu memberikan rasa percaya diri dan harga diri yang lebih baik. Dengan olahraga jogging juga membantu melepaskan hormon endorfin, yaitu senyawa kimia yang dapat memicu perasaan senang, tenang, maupun bahagia.

5. Menguatkan Tulang

Dengan anda melakukan latihan berjalan kaki, olahraga jogging, angkat beban dapat membantu merangsang peningkatan kepadatan mineral tulang. Dengan padatnya mineral di tulang menjadikan tulang itu lebih kuat dan mengurangi resiko terjadinya patah tulang, retak, atau lemah tulang.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa penelitian yang menghubungkan kaitan olahraga yang teratur dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, Alasan pertama melakukan olahraga secara rutin dapat merangsang produksi limfosit ( sel darah putih ) dan makrofag ( sel yang menyerang bakteri )

Alasan kedua, dengan melakukan latihan yang konsisten diyakini dapat membuat sel – sel sistem kekebalan tubuh dapat beredar melalui tubuh secara lebih cepat, dan juga membuatnya menjadi lebih efisien dalam melawan bakteri dan virus penyebab beberapa bakteri.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Dengan tidur yang nyenyak maka kualiatas istirahat anda bisa maksimal. Dengan olahraga jogging dapat membantu anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Menurut freefitnesstips, latihan kardiovaskular seperti jogging, terutama olahraga jogging pagi, dapat membantu anda memperbaiki pola tidur anda.

Beberapa studi artikel tersebut menunjukkan bahwa melakukan olahraga jogging di pagi hari dapah membantu orang-orang untuk mendapatkan pola tidur yang ideal. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga diyakini dapat membuat anda lebih rileks sehingga lebih mudah membuat anda cepat tidur pada malam harinya dan mencegah insomnia.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang menjadikan olahraga jogging sebagai salah satu alasan utama untuk menurunkan berat badan. Banyak yang melakukan olahraga jogging pagi, olahraga jogging siang maupun olahraga jogging sore. Jika memang anda menjadikan olahraga jogging sebagai salah satu bagian dari program penurunan berat badan atau diet maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah memilih sepatu jogging yang tepat. Mulailah dengan mencoba sepatu itu untuk berjalan di permukaan yang halus untuk mengurangi tekanan pada lutut anda.

9. Meningkatkan Stamina

Dengan melakukan olahraga jogging secara rutin dapat membuat anda memperoleh stamina yang lebih baik. Hal ini bisa terjadi dengan peningkatan daya tahan tubuh dan beberapa faktor yang telah di ceritakan sebelumnya. Sehingga dapat meningkatkan stamina pada diri anda.

10. Perkembangan Otot

Manfaat lain dari jogging adalah membantu perkembangan otot dan pembentukan otot. Dengan melakukan olahraga jogging banyak sekali otot yang akan bergerak sehingga bisa mengurangi lemak dalam otot dan sangat berpengaruh dalam membentuk otot ( baca juga : cara menguatkan otot paha ).

11. Memperpanjang Harapan Hidup

Beberapa studi dan peneliti ilmiah menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga termasuk salah satunya olahraga jogging dapat meningkatkan harapan hidup seseorang lebih lama. Hal ini berdasarkan aktivitas latihan jogging yang dilakukan secara rutin dan tidak melewati batas kemampuan tubuh, seperti seminggu 3x.

Tips dalam Olahraga Jogging

Beberapa tips dalam berjogging untuk pemula :

  • Konsultasi dengan dokter sebelum memuai program jogging merupakan salah satu awal yang tepat. Terutama bagi anda usia di atas 40 tahun ke atas, kelebihan berat badan, atau mempunyai sakit yang tergolong kronis atau sudah lama tidak melakukan olahraga.
  • Untuk pemanasan atau mengawali, mulailah dengan berjalan cepat terlebih dahulu setidaknya 30 menit.
  • Jangan lupa awali dengan peregangan sebelum melakukan jogging ( baca : Pemanasan Statis dan Dinamis )
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Usahkan untuk banyak minum air putih sebelum, ketika dan sesudah melakukan aktivitas apapun.
  • Rencakan rute yang baik untuk jogging. Pilih daerah yang datar untuk pemula. Akan lebih baik tidak mengambil rute jalan raya. Karena jalan raya beresiko menghirup udara kotor dan polusi dari kendaraan ketika kondisi jalan tersebut padat.
  • Gunakan perlengkapan jogging yang sesuai, seperti sepatu, pakaian yang tepat untuk mengurangi resiko cedera
  • Hindari lathan yang berlebihan dan beristirahatlan yang cukup

 

Baiklah para sobat olahraga, selamat hidup sehat. Sehat akan sangat terasa berharga ketika sehat itu sudah tidak lagi berdiam di dalam diri kita.

Jangan lupa SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

artikel terkait :

Referensi artikel :

freefitnesstips.co.uk/12-jogging-health-benefits/

www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits

www.healthsomeness.com/health-benefits-of-jogging

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *