jenis kamera bansolinc.com

Mau Bawa Kamera? 7 Jenis Kamera untuk Traveling yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on
jenis kamera bansolinc.com

Jenis Kamera – Berwisata atau travelling menjadi kesenangan tersenderi bagi orang – orang yang senang berwisata. Apalagi bisa berwisata dengan keluarga tercinta. Tentu destinasi yang di kunjungi sudah dipertimbangkan dengan sangat matang. Banyak yang diburu dari destinasi itu, mulai dari panorama alam, bangunan, ke unikan, yang lagi viral, atau suatu kegiatan khusus dan lain lain. Maka tidak heran apabila traveller selalu menyiapkan senjata andalannya untuk mengabadikan momen berwisata tersebut.

baca juga : Jangan Asal !! Tips Memilih Jasa Travel yang Aman

Tentu kamera menjadi suatu benda yang wajib dibawa. Dengan keinginan dan kepuasan untuk mengabadikan momen travellingnya. Bagi Anda yang hobi travelling tentu tidak asing lagi. Kamera yang menjadi kebutuhan utama anda. Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu kamera apa yang anda butuhkan ketika travelling itu. Apakah untuk mengambil gambar saja atau untuk juga mengambil video.

Kamera Apa yang Cocok untuk Travelling?

Sebenernya ini tergantung kebutuhan anda. Bila anda seorang pembuat konten tentu akan mempersiapkan kamera yang sesuai dengan kebutuhan membuat konten anda. Atau nda hanya ingin mengabadikan moment tanpa perlu repot membawa alat yang berat, Maka disinin beberapa jenis kamera yang bisa anda bawa ketika travelling :

  • SMARTPHONE KAMERA

Kapasitas kamera pada smartphone masa kini sudah sangat canggih. Apapun sistem operasinya, Android maupun iOS, mampu menunjang kebutuhan dokumentasi kamu dengan baik.

Soal lensanya pun, sudah hadir dalam ukuran 12-16 megapixel. Makin mudah, karena banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan sebelum dilepas ke media sosial.

Sayangnya, kebanyakan kamera smartphone sangat terbatas untuk urusanzooming. Nggak cuma itu soal fotografi dalam kondisi redup, kamera smartphonenggak bisa dibilang bagus.

  • POINT – AND SHOOT ( POCKET CAMERA )

Kamera jenis ini sangat mudah dibawa. Jadi, buat kamu yang ingin traveling ke tempat-tempat wisata tengah kota maupun pinggir pantai, point-and-shoot cocok buat kamu ajak liburan.

Pada beberapa tipe, seperti Sony RX100, kapasitas lensanya sangat baik, 20 megapixels. Dibanding kamera smartphone, kamera point-and-shoot unggul dalam hal pembesaran optik dan mode pengambilan gambar yang bervariasi.

Kelemahan kamera point-and-shoot sama seperti smartphone, nggak bisa dapat gambar bagus dalam cahaya yang redup. Tapi lumayan buat dibawa jalan-jalan

  • ACTION CAMERA

Kamu tipikal traveler yang suka berpetualang? Maka, action camera adalah jodoh kamu! Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pocket, memang nggak banyak fitur manual hadir di jenis kamera ini.

Namun, soal kemampuan, jenis kamera action dapat tampil sangat baik di berbagai kondisi maupun medan. Mau foto di dalam air, di atas salju maupun kondisi berdebu, kamera ini sangat mengesankan. Dengan jangkauan yang lebar, kamu bisa mendapatkan foto yang menyeluruh.

Cuma satu kekurangan dari action camera, nggak bisa di-zoom!

  • BRIDGE CAMERA

Secara kualitas, bridge camera berada di atas smartphone. Untuk beberapa tipe, kamera ini mampu mengugguli kamera pocket manapun.

Nah, jika pocket hanya mampu zooming hingga 30 kali, makan bridge camera bisa dua kali lebih jauh. Jadi, untuk kamu yang ingin traveling ke kawasan dengan kontur ekstrim seperti gunung maupun spot bertebing, bridge camera jadi solusi yang tepat.

Kekurangan bridge camera ada pada bukaan lensa yang makin kecil saat di-zoom. Jadi, kamu butuh cahaya yang lebih untuk mendapatkan kualitas foto yang baik. Meski modelnya mirip DSLRbridge camera cuma punya lensa fixed.

  • DSLR

Model kamera ini sangat direkomendasikan kepada kamu yang punya skil foto baik. Maklum, dengan fitur manual, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar, pilihan jangkauan hingga cakupan lensa yang lebih baik.

Pilihan lensa bisa kamu sesuaikan dengan destinasi wisata kamu. Jika ingin foto pemandangan, kamu bisa pakai lensa standar. Tetapi jika ingin mendapatkan obyek jauh, kamu bisa bawa lensa tele.

Kekurangannya soal kepraktisan lantaran kamu harus siap ruang lebih untuk membawa pilihan lensa. Jadi, siap-siap ribet saja, deh! Dan siapkan dana yang cukup karena memang kamera ini tergolong sedikit mahal.

  • MIRRORLESS

Nah, model kamera yang satu ini adalah penyempurnaan dari DSLR. Hanya saja, ukurannya jauh lebih kecil dan hemat ketimbang DSLR.

Soal kemampuan, kamu dapat menggunakan kamera ini dengan kontrol manual. Lensa kameranya pun bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan.

Nah, sayang, kamera mirrorless harganya cukup mahal dibanding dengan DSLR. Tapi, kalau kamu ingin serius berburu foto bagus saat liburan, maka mirrorlessadalah pilihan terbaik.

  • DRONE

Fungsi kamera drone adalah untuk mengambil video atau foto dari ketinggian, atau bisa disebut dengan aerial photography. Kamera drone ini dikendalikan dengan remote control dan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Bagi kamu yang hobi foto-foto pemandangan dari ketinggian, kamera drone akan sangat cocok untuk dibawa liburan. Kamera drone juga bisa digunakan untuk stok video bila kamu hobi vlogging atau bikin film-film kece.

Keuntungan menggunakan kamera drone ini adalah hasil video atau foto yang tidak biasa nan estetik. Selain itu kamera drone juga cocok bagi kamu yang senang explore tempat-tempat baru dan menemukan hidden place yang tidak terduga saat liburan.

Kelemahan membawa kamera drone saat liburan adalah bobotnya yang relatif berat dan memakan tempat. Selain itu kamera drone tidak bisa disimpan sembarangan dalam tas sehingga membutuhkan tas khusus, yang pastinya agak ribet kalau dibawa kemana-mana.

baca juga : Kamera ? Benda yang Sangat Wajib Dibawa Saat Travelling

Nah sobat, uraian di atas adalah beberapa jenis kamera yang bisa anda gunakan ketika anda travelling. Silahkan anda memilih yang mana, ada yang simple ada juga yang ribet namun dengan hasil yang berbeda. Yang jelas jangan sampai anda melewatkan momen bahagia anda ketika bertravelling. Semoga bermanfaat !

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *