Apa itu HP Refurbished ? Dan Ciri – cirinya

Posted on
ciri - ciri HP refurbished bansolinc.com

Ciri – ciri HP Refurbished – Mungkin Anda Sering dengar istilah HP refurbished? Banyak sekali pedagang yang menawarkan smartphone berlabel “ Refurbished “. Kalau saat ini Anda sedang mencari smartphone, terutama iPhone 4 dan iPhone 5 atau samsung, Anda pasti sudah akrab dengan istilah refurbished. HP refurbished memang sangat menggoda, dijual dengan harga murah dengan rupa seperti barang baru.

baca juga : Hati – Hati!! Kenali dulu Hp Docomo dan AU Sebelum Membeli

Handphone refurbished dapat dibilang tersedia untuk kalangan seluruh brand fendor smartphone. Dalam Bahasa Indonesia, handphone refurbished artinya telpon selular yang diperbaharui atau direapair menyerupai baru.

Apa itu Refurbished?

Produk HP refurbished adalah produk yang sebenarnya mengalami cacat atau kerusakan dan diperbaiki sehingga layak dijual kembali. Yang memperbaikinya tentu adalah si produsen resmi pembuat produk tersebut, bukan tukang servis pihak ketiga. Dengan begitu, kualitas produk refurbished lebih terjaga karena si produsennya sendiri yang memperbaikinya.

Sebuah tindakan refurbished adalah melakukan perbaikan tampilan smartphone mengacu terhadap barang asli dari pabrik atau untuk menguji apakah fitur-fiturnya tetap sama dengan semua atau tidak tersedia rusaknya signifikan baik fisik maupun fungsional. Nah, cuma orang yang miliki kebolehan teknis yang tinggi untuk melakukan, misalnya, ubah casing menjadi baru, ‘bersihin’ debu, poles layar, cek nyala atau mati, cek IMEI tembus apa enggak, dan sebagainya.

Secara umum, konsumen tidak memahami dan tidak menyimak siapa yang mengerjakan proses refurbish. Karena, meskipun HP Refurbished dari pabrik miliki reputasi nama perusahaan asal HP tersebut, bukan berarti selamanya dalam kondisi yang lebih baik daripada HP refurbished yang di tawarkan oleh pengecer independen. Konsumen pada umumnya lebih memandang hasil, apakah ponsel bekas yang sudah dipulihkan bisa diperbarui seperti layaknya barang baru sesuai standar pabrik oleh teknisi profesional terlatih.

Tapi saya sarankan, bahwa calon konsumen handphone refurbished memahami bahwa barang yang akan dibeli melalui hasil refurbish pabrik atau bukan. Karena konsumen harus tetap menyadari kekurangannya kecuali refurbish tidak dikerjakan pabrik (non-manufacturer refurbished). Maka sebaiknya, konsumen harus benar yakin dengan HP refurbished sudah diproses oleh tangan yang handal atau miliki technical skill supaya handphone dapat berguna layaknya baru.

Berbeda dengan Hp yang Recondition atau Rekondisi.

baca juga : Apa Itu HP REKONDISI? Apakah sama dengan Refurbished?

Ponsel Refurbished Dari Pengecer (Non-Pabrik)

Refurbished non pabrik yang ada di Indonesia, tambah banyak manufacturer jual lepas supaya mayoritas barang adalah non-manufacture refurbish. Bahkan selagi ini, tersedia startup Indonesia yang memulai bisnis refurbish (non-manufacturer), konon kualitasnya lebih oke dibandingkan refurbish di Roxy dan Harco.

Manufacturer jual lepas berarti barang cuma bisa ulang ke manufacturer kecuali sifatnya klaim garansi atau ubah baru. Selebihnya, barang yang ulang ke penjaja atau distributor akibat promo, ubah jadi atau aktifitas lainnya, menjadi tanggungan distributor dan bukan tanggungan manufacturer smartphone.

Banyak individu atau pengecer atau toko selular yang sudah miliki teknisi ahli untuk melaksanakan refurbish. Salah satu kegunaan membeli HP yang diperbaharui bukan oleh produsen atau pabrik adalah harga HP yang tersedia didiskon lebih besar oleh pengecer.

Seringkali, pengecer berdiri sendiri termasuk menambahkan garansi tertentu dari mereka sendiri dan menerima pengembalian barang dalam batas satu bulan atau lebih sehabis pembelian. Bagi banyak orang, ini adalah langkah yang miliki nilai dan paling efektif menghemat uang demi memperoleh telephone baru yang mereka inginkan.

Ponsel Refurbished Bergaransi Resmi Pabrik

Yang diperbaharui oleh pabrik adalah ponsel yang telah memiliki uji resmi, sehingga bisa dikembalikan oleh konsumen dan kemudian diperbaiki dan bisa dijual ulang lewat produsen dengan harga diskon. Ponsel ini umumnya menemukan jalur daur ulang ke perusahaan produsen asli lewat dua cara.

Pertama, oleh konsumen yang miliki asuransi di ponsel mereka dan lewat penyedia jaringan layanan, konsumen mengembalikan telephone rusak untuk diganti. Konsumen akan mendapat unit lain sebagai pengganti dan telephone rusak mereka dikirim ke perusahaan pembuatnya untuk diperbaiki. Kedua, individu mengembalikan product yang dibeli dalam garansi lewat dealer ponsel.

Setelah telephone rusak mencapai produsen asli, teknisi terlatih bakal mengevaluasi dan lantas melakukan perbaikan ponsel. Setiap informasi yang tersimpan di ponsel mengenai pemilik di awalnya bakal dihapus, dan semua pengaturan yang salah bakal dikembalikan sesuai standar pabrik.

Tentu saja, tidak semua ponsel bisa diperbaiki, namun umumnya cuman hanya miliki persoalan kecil layaknya seperti layar retak atau tombol yang  hilang. Setelah ponsel lewat proses ini, produsen bakal menguji mutu dan menginstal perangkat lunak paling baru untuk type tertentu. Ponsel ini lantas dikirim ke distributor untuk digunakan sebagai pengganti asuransi atau dijual secara disc. sesuai keputusan type HP yang diperbaharui.

baca juga : Perbedaan HP REFURBISHED dan REKONDISI

Kategori produk Refurbished

Secara umum, arti dan kategori produk HP refurbished dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu grade A, grade B, dan grade C.

Grade A

– Bodi relatif mulus dengan lecet ringan
– Dijual lengkap : Boks kemasan, buku manual, aksesoris
– Keseluruhan produk masih berfungsi

Grade B

– Keseluruhan produk masih berfungsi
– Bodi relatif mulus dengan lecet ringan
– Dijual lengkap : Boks kemasan, aksesoris

Grade C

– Bodi relatif mulus dengan lecet ringan
– Hanya perangkat telepon saja, tidak dilengkapin boks kemasan, buku manual, dan aksesoris
– Keseluruhan produk masih berfungsi

Namun pada kenyataannya, kualitas dan fungsi produk refurbished antara grade A, B, maupun C sama saja. Produk sama-sama sudah diperbaiki, sama-sama dipoles agar terlihat seperti produk baru, dan harganya sama-sama miring.

Yang membedakannya hanya kelengkapan paket penjualannya saja. Jika Anda sangat ingin membeli HP refurbished, usahakan membeli produk yang lengkap dengan boks dan paket penjualan lainnya.

baca juga : Kelebihan dan Kekurangan serta Tips Membeli HP REFURBISHED

Cara mengenalinya Hp Refurbished

Anda tidak perlu bingung dalam mengenali HP refurbished. Sejatinya, sangat sulit membedakan HP refurbished dan non-refurbished. Namun hampir semua toko yang menjual produk refurbished akan mengatakan dengan jujur kalau produk tersebut memang produk refurbished, karena mereka akan di-blacklist jika sampai ketahuan menjual produk refurbished sebagai produk baru yang normal. Karenanya, pastikan Anda memilih toko yang sudah terpercaya dan bertanggung jawab.

Berikut beberapa permasalahan  ciri HP yang dikatakan Refurbished:

  • Spesifikasi rekondisi berbeda dengan ponsel asli, bentuk serta kemiripan hanya pada tampilan casing, termasuk serinya.
  • Kualitas nada yang terdengar terlihat buruk dan pecah, pengujian dikerjakan untuk memutar lagu.
  • Casing ponsel jika dilihat sekilas nampak sama asli, namun jika kita teliti ternyata dibuat dari bahan yang sangat berbeda.
  • Bobot ponsel rekondisi  lebih ringan dari pada aslinya.
  • Huruf-huruf yang terdapat pada ponsel beberapa merk tampak berbeda, pada asli dan rekondisi.
  • battery dan chargernya tidak original,

Oke sobat gadget, itu tadi sedikit info supaya anda tidak salah mengartikan dan tertipu dengan HP Refurbished.

Jangan Lupa LIKE dan SHARE ya supaya bermanfaat untuk yang lain..

Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *