olahraga yoga bansolinc.com

Apa Itu Yoga? Mengenal Lebih Dekat Olahraga Yoga

Posted on
olahraga yoga bansolinc.com

Olahraga Yoga – Sehat jiwa dan raga sudah menjadi impian semua orang, pria dan wanita. Untuk membentuk raga yang selaras dengan keinginan, dapat ditempuh dengan pengobatan herbal yang baik. Selain itu, juga bisa dengan berlatih yoga, sebab yoga membuat tubuh menjadi sehat. Dengan mempelajari taknik olahraga yoga, Anda dapat memaksimalkan segenap potensi diri yang belum dikenali. Karena pada dasarnya, tubuh manusia seperti pesawat yang dapat membawa dirinya menjelajah ke seluruh pelosok penjuru bumi dan langit.

“ Yoga itu sangat cocok untuk memberi kesejukan pada jiwa dan membuat badan terasa nyaman. Yoga dapat membantu mengolah otot – otot tubuh bagian terluar dan terdalam, sehingga menjadi lebih sehat. Tak hanya itu saja, yoga juga bisa membuat pikiran lebih jernih. Karena itu, yoga akan membantu seseorang untuk tetap berpikir positif. “ kata Josephine Ichihara, instruktur yoga dari “Rumah Yoga”.

baca juga : Simak! Jenis – jenis Yoga dan Manfaatnya

Olahraga yoga tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, tapi juga bisa dilakukan oleh pria. Saat ini, banyak pria sudah mengikuti yoga karena mereka mulai menyadari khasiat yoga untuk menghadapi berbagai permasalhan hidup.

Berdasarkan penelusuran, agama Hindu adalah agama yang berdasarkan kitab suci Veda. Sementara kitab Veda pertama kali digubah sekitar tahun 5000SM, pada saat masuknya bangsa Arya ke India. Sementara yoga sudah dikenal oleh masyarakat India jauh sebelum datangnya bangsa Arya. Para yogi (praktisi yoga) sudah terdapat di India jauh sebelum zaman Veda.

Namun harus diakui, Yoga yang diajarkan sekarang merupakan warisan dari khazanah budaya India. Maka, tidak heran jika istilah – istilah dalam Yoga mempunyai banyak kesamaan dengan istilah – istilah dalam agama Hindu, karena keduanya sama – sama lahir dalam tradisi kebudayaan India. Oleh karenanya, bila ingin mendalami olahraga yoga, kita mau tidak mau menerima istilah – istilah India. Sebagaimana kita mau menggunakan istilah Latin bila belajar ilmu kedokteran, memakai istilah Jepang dalam belajar karate, dan istilah – istilah Cina dalam belajar Kungfu.

Apa itu YOGA ?

Yoga berasal dari kata yuj (Bahasa Sansekerta), berarti menghubungkan atau mempersatukan. Dalam yoga, ada doa-doa tertentu yang disebut mantra yoga dan gerakan – gerakannya disebut hatha yoga.

Bila kita mengenal karate atau kungfu sebagai suatu teknik untuk membela diri, maka Yoga merupakan suatu teknik untuk mengenal diri. Yoga adalah suatu sadhana atau latihan yang bersifat spiritual. Bukan sebagaimana yang dipahami sekarang, yoga diartikan sebagai senam atau latihan kanuragan.

baca juga : Praktekkan! Gerakan Yoga untuk Terapi Asam Urat

Sebagaimana ilmu bela diri, berlatih yoga juga memerlukan kedisiplinan yang tinggi. Tidak ada dispensasi untuk memperpendek jalan. Namun, tidak ada kata terlambat untuk memulai berlatih yoga. Namun seorang anak, orang tua, wanita, pria, cacat, sehat, terpelajar, buta huruf, dengan kesungguhan hati semuanya dapat berlatih yoga.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *