Apa Manfaat Belajar Beladiri?

Posted on

Banyak yang berpendapat bahwa dengan belajar seni beladiri maka orang itu akan menjadi kasar dan agresif atau mudah tersinggung. Justru sebaliknya, jika memang seseorang menguasai betul ilmu seni beladiri, dia justru semakin tenang dan tidak mudah terpancing.

Banyak manfaat yang di dapat dari belajar seni beladiri. Pertama akan belajar menghargai orang lain, memiliki sikap yang rendah hari, biasanya lebih sopan santun dan banyak lagi manfaat yang lain.

Jika anda berencana ingin belajar beladiri namun anda belum punya cukup keberanian dan masih menganggap seni beladiri ini begiru anarkis, maka silahkan anda simak beberapa manfaat belajar seni beladiri di bawah ini.

Manfaat Belajar Beladiri 

1. Membangun Kepercayaan Diri

Seseorang yang belajar seni beladiri rasa kepercayaannya akan terbangun dengan baik kerena dia merasa bisa membela dirinya dan menjaga keamanan dirinya. Begitu juga jika anda belajar seni beladiri maka anda akan lebih tenang dalam menghadi suatu masalah karena anda telah mengetahui bagaimana menjadi diri anda sendiri.

2. Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan

Dalam belajar seni beladiri anda akan dituntut untuk banyak bergerak, mengatur pernafasan, menjaga pola makan. Banyak gerakan yang dilakukan ketika anda belajar seni beladiri, mulai dari berlari, jongkok. squat jump, kuda – kuda ( baca juga : Cara Menguatkan Otot paha untuk Melatih Kuda – kuda ) dan masih banyak lagi gerakan yagn berhubungan dengan sebu beladiri. Mungkin pada awal anda berlatih seni beladiri tenaga anda akan banyak terkuras dan anda merasa kelelahan atau pegal – pegal, namun dengan lathan yang rutin itu semua justru akan menjadi suatu modal dalam menjaga kebugaran dan kesehatan anda.

baca juga : 9 Jenis Tehnik Dasar Pencak Silat untuk Pemula

Apalagi dalam belajar seni beladiri anda tidak hanya belajra jurus atau gerakan khusus, anda juga akan mengikuti program stretching atau pemanasan ( baca juga : Pemanasan Statis dan Dinamis ) yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan badan anda. Otot anda akan sering bergerak sehingga lemak – lemak yang ada dalam tubuh bisa berkurang.

3. Melatih Disiplin

Sudah menjadi pengetahuan banyak orang bahwa setiap seni beladiri pasti mempunya aturan – aturan yang harus ditaati. Seperti memakai seragam, mambawa perlengkapan latihan, memberi hormat, upacara pembukaan.

Dan juga untuk yang mengikuti program menjadi seorang atlit akan memiliki jadwal latihan tersendiri yang harus dia kerjakan tanpa pengawasan dari pelatih. Dengan kebiasaan yang teratur inilan akan membuat anda terbiasa dengan pola hidup disiplin mengikuti aturan yang ada.

4. Mengurangi Stress

Di dalam berlatih seni beladiri anda diperbolehkan melakukan tendangan atau pukulan bahkan juga teriakan. Hal ini juga dapat membantu mengurasi stress. Luapan emosi bisa terslurkan dengan kita memukul samsak atau patching bed atau alat untuk sasaran memukul.

5. Meningkatkan Kehidupan Sosial

Di dalam anda berlatih, anda akan banyak bertemu dengan orang lain yang juga berlatih secara fisik. Anda bisa bersosialisasi dengan anggota beladiri yang lain. Nda juga bisa saling tukar pengalaman dan saling menambah ilmu. Dengan begitu akan menumbuhkan rasa kebersamaan rasa kekeluargaan antara satu dengan yang lain. Dan ini akan terbawa terus dalam kehidupan sehari – hari anda.

6. Meningkatkan sikap Positif dan Optimis

Ketika anda berladih seni beladiri, anda akan mengalami masa dimana anda harus mencapai suatu targe. Contoh seperti target menghafal suatu gerakan, menghafal rangkaian gerakan atau jurus atau target kondisi fisik tertentu. Disini anda akan terlatih dengan selalu bersikap positif dan optimis untuk mencapainya.

7. Membela Diri atau Perlindungan

Dengan kondisi di luar ruangan kita sekarang ini tidak bisa kita prediksi atau dengana kata lain kapan saja bisa terjadi tindakan kejahatan, terutama kepada para wanita. Dengan anda belajar seni beladiri anda akan belajar bagaimana menghadapi kondisi terancam.

Anda akan dilatih untuk berpikir cerdas bagaimana cara lolos dari ancaman itu, tidak hanya dengan kekuatan otot saja. Anda akan belajar gerak efektif untuk menyelamatkan diri anda dari ancaman dengan sikap yang tenang dan penuh kewaspadaan.

baca juga : Melatih Tendangan Cepat dan Kuat

Berlatih seni beladiri dapat dilakukan oleh siapapun tanpa ada batasan umur dan jenis kelamin. Sebuah studi mengatakan bahwa hasil dari studi mereka orang belajar beladiri mempunyai kondisi fisik jauh lebih baik daripada orang seusia mereka.

Jadi jangan ragu lagi untuk belajar seni beladiri…

 

Kutipan dari artikel :
https://yonatanadi.blogspot.co.id/2016/05/kenapa-harus-belajar-beladiri.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *