mandi air hangat bansolinc.com

Apakah Mandi Air Hangat Baik untuk Penderita Flu dan Batuk? Manfaat Mandi Air Hangat

Posted on
mandi air hangat bansolinc.com

Mandi air hangat – Rasa lelah dan penat seringkali kita rasakan terutama setelah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian atau bekerja di sepanjang hari. Keputusan untuk langsung beristirahat di tempat tidur ternyata bukanlah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan rasa lelah dan penat tersebut. Kenapa? Setelah beraktivitas pastinya tubuh kita menjadi kotor, berkeringat dan bau, meskipun kita bekerja di ruangan tertutup dan ber AC. Pada saat kita memutuskan untuk langsung tidur setelah beraktivitas, maka kotoran-kotoran yang masih menempel di tubuh akan membuat tidur kita terasa kurang nyaman. Lalu apa solusinya?

baca juga : Memperkuat Pergelangan Kaki setelah Cedera

Solusi yang tepat adalah kita harus membersihkan kotoran-kotoran tersebut dengan mandi. Mandi dan membersihkan diri adalah kebutuhan sehari-hari yang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, ternyata mandi dengan suhu yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda pula bagi Anda. Hal ini menjadi perdebatan yang cukup panas, mana yang lebih sehat untuk Anda? Mandi air panas atau air dingin?

Sebenarnya, baik mandi air panas dan air dingin sama-sama berkhasiat bagi kesehatan Anda. Menurut para ahli kesehatan, tidak ada satu anjuran yang paling benar. Namun, karena khasiatnya yang berbeda, Anda pun bisa menyesuaikan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Akan tetapi seringkali kita merasa malas mandi terutama pada saat udara terasa dingin. Pada saat-saat seperti itu, mandi dengan menggunakan air hangat merupakan suatu pilihan yang paling tepat. Mengapa? Karena selain dapat membersihkan tubuh dari kotoran, debu, maupun keringat yang masih menempel di tubuh, mandi dengan air hangat ternyata banyak sekali membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Selain menjadi rutinitas dalam upaya menjaga kebersihan diri, mandi dengan air hangat juga dipergunakan sebagai terapi, baik terapi kesehatan maupun terapi kecantikan. Adapun keuntungan yang bisa didaptkan dari mandi air hangat diantaranya adalah :

1. Tubuh menjadi lebih bersih dan segar

Air hangat telah dipercaya lebih efisien untuk membantu mengangkat kotoran-kotoran serta kelebihan minyak yang menempel di kulit, yaitu dengan melebarkan pori-pori di permukaan kulit. Jadi dengan mandi air hangat, tubuh kita akan terasa lebih bersih dan segar, dan dengan tubuh yang bersih, maka pikiran kita pun akan menjadi lebih tenang dan nyaman.

2. Mengendurkan otot yang tegang

Saat seseorang bangun tidur, bisa jadi otot-otot tubuhnya masih dalam keadaan kaku. Hal tersebut dapat memicu terjadinya kram dan dapat menyebabkan kurang lancarnya sistem peredaran darah dalam tubuh. Kondisi yang sama juga bisa terjadi pasca seseorang melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari, dimana hal tersebut dapat menimbulkan otot terasa kaku. Untuk mengatasinya, bisa mencoba untuk berendam dengan menggunakan air hangat dengan suhu mencapai +/- 37°C atau juga bisa menggunakan shower air hangat yang berfungsi sebagai pengganti pijatan lembut.

3. Tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress

Pekerjaan atau aktivitas yang padat dan menumpuk seringkali dapat menimbulkan beban pikiran dan juga stress yang nantinya akan membuat tubuh kita menjadi lemah. Untuk menghindarinya, cobalah untuk berendam dengan menggunakan air hangat dengan suhu +/- 37°C hingga 380°C. Anda juga dapat menambahkan aromaterapy yang Anda sukai, dan bisa juga dilengkapi dengan mendengarkan musik klasik.

4. Melancarkan peredaran darah

Terganggunya sirkulasi darah dalam tubuh akan dapat mengakibatkan berbagai macam keluhan seperti insomnia, masalah dengan persendian akibat arthritis maupun kelelahan dan lain sebagainya. Dengan berendam air hangat +/- selama 5 menit akan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga akan membantu mengurangi keluhan akibat radang persendian, membantu mengurangi rasa sakit, serta membantu proses penyembuhan, meskipun secara tidak permanen.

5. Menyehatkan usus

Berendam dengan menggunakan air hangat juga telah dipercaya dapat merangsang usus besar untuk dapat bekerja dengan baik yang pada akhirnya akan membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh

6. Menghilangkan racun dari dalam tubuh

Dengan melakukan terapi mandi air hangat akan membantu membuka pori-pori pada permukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran, sehingga kondisi tersebut akan membantu proses pengeluaran racun-racun dari dalam tubuh.

7. Mencegah insomnia (gangguan tidur)

Rasa tidak nyaman saat tidur bisa diakibatkan karena tubuh kita tidak bersih alias kotor. Selain itu, insomnia juga bisa disebabkan oleh stress serta ketegangan otot-otot tubuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tidak perlu mengkonsumsi obat tidur, cukup dengan berendam dengan air hangat selama beberapa saat akan dapat membantu menghilangkan penyebab gangguan tersebut sehingga nantinya tidur akan menjadi lebih pulas. Dan ketika bangun, tubuh akan kembali fit sehingga dapat kembali beraktivitas dengan baik.

8. Membantu menjaga kestabilan suhu tubuh

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga nantinya dapat membantu menjaga agar suhu tubuh kita tetap stabil. Oleh karena itulah, bagi Anda yang sedang demam sangat disarankan untuk mandi dengan air hangat.

9. Membantu penyembuhan batuk

Phlegm atau yang kita kenal dengan dahak/ingus merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya iritasi tenggorokan yang pada akhirnya akan menyebabkan kita batuk-batuk. Berendam dengan air hangat adalah keputusan yang tepat sebagai langkah yang kita ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Mengapa? Karena uap panas yang terhirup saat kita sedang berendam dengan air hangat telah dipercaya mampu menghilangkan phlegm yang menyebabkan terjadinya iritasi.

10. Menjaga Ph tubuh

Dengan berendam menggunakan air hangat yang telah ditambahkan dengan sedikit cuka selama +/- 15 hingga 20 menit akan membantu menjaga ph dalam tubuh Anda. Kenapa? Karena kandungan senyawa dalam cuka mampu menyeimbangkan zat asam dalam tubuh.

11. Membantu penyembuhan penyakit kulit

Jika anda sedang mengalami masalah atau gangguan pada kulit seperti gatal-gatal, eksema, maupun timbulnya ruam pada kulit. Cobalah mengatasinya dengan cara berendam dengan menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan natrium bikarbonat selama +/- 10 hingga 20 menit setiap harinya. Atau Anda juga bisa berendam dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan belerang. Dalam hal ini, backing soda maupun belerang bertindak sebagai antiseptik yang akan membantu penyembuhan gangguan pada kulit Anda.

12. Baik bagi kesehatan jantung

Dari penjelasan di atas kita telah mengetahui bahwa berendam dengan air hangat selama +/- 10 menit akan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan peredaran darah yang lancar dan sehat, akan dapat memberikan dampak yang positif bagi kinerja organ tubuh, termasuk jantung yang merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh para ilmuwan yang telah melakukan penelitian di Jepang.

13. Membantu penyembuhan sakit kepala dan gangguan flu

Saat sakit kepala maupun gejala flu menyerang, merendam kaki dengan menggunakan air hangat akan sangat membantu proses penyembuhannya. Lakukan terapi tersebut secara rutin selama +/- 10 hingga 20 menit setiap harinya. Anda juga dapat menambahkan aromaterapi seperti  lemon, bunga lavender, papermint dan lain sebagainya.

14. Menurunkan kadar gula dalam darah

Dalam New England journal of Medicine terdapat hasil sebuah study yang menyatakan bahwa dengan rutin berendam air hangat akan sangat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sekitar 13%. Tentu saja hal ini merupakan suatu kabar baik bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Karena ternyata selain akan terasa nyaman, mandi atau berendam dengan air hangat juga dapat membantu mereka untuk mengatasi masalah yang selama ini mereka hadapi, yaitu tingginya kadar gula dalam darah mereka.

15. Mencegah masuk angin

Dengan adanya sirkulasi darah yang lancar dan baik, maka akan membantu seseorang untuk terhindar dari gangguan masuk angin, terutama pada saat cuaca sedang dingin.

16. Meningkatkan kecerdasan otak dan kesehatan saraf

Berendam dalam air hangat menenangkan system saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat Stress dan kecemasan juga berkurang secara signifikan, yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. Suhu dan tekanan air juga akan dengan lembut meringankan tulang belakang dari setiap ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit Parkinson.

BAHAYA ATAU RESIKO MANDI AIR HANGAT

Ternyata banyak sekali manfaat dari mandi atau berendam dengan air hangat, bukan? Akan tetapi jangan lupa, bahwa segala sesuatu pasti ada baik dan buruknya, termasuk dengan kegiatan mandi atau berendam dengan air hangat. Berikut ini bahayanya :

  • Dapat menimbulkan jerawat

Berendam dengan air hangat memang dapat membuka pori-pori kulit sehingga kita dapat mengeluarkan racun-racun yang bersarang di dalam tubuh dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit akan lebih mudah untuk dibersihkan. Akan tetapi jika pori-pori tersebut tetap terbuka lebar, maka akan berdampak pada resiko tumbuhnya jerawat. Lalu bagaimana mengatasinya? Caranya adalah dengan membilas tubuh kita menggunakan air dingin setelah selesai berendam dengan air hangat, dengan begitu pori-pori akan tertutup kembali.

baca juga : Langkah Mudah Melindungi Lutut dari Cedera

  • Dapat menurunkan kualitas sperma

Mandi atau berendam dengan air hangat tidak baik bagi reproduksi kaum pria. Kenapa? Karena sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 telah menunjukkan bahwa berendam selama +/- 30 menit dengan air hangat akan dapat menurunkan kualitas sperma, yaitu sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

  • Membahayakan janin

Bagi para wanita yang sedang hamil sebaiknya berhati-hati ketika hendak berendam dengan air hangat dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhunya. Mengapa demikian? Karena jika air yang dipergunakan untuk berendam memiliki suhu yang tinggi, justru akan dapat membahayakan kandungan. Kandungan bisa menjadi lemah dan janin bisa lahir dalam kondisi yang tidak sempurna (cacat)

  • Menyebabkan kulit kering

Dalam jangka waktu pendek, mandi dengan air hangat dapat membuat kulit terasa lembab, akan tetapi justru dengan mandi dengan air hangat akan membuat kulit menjad cepat kering jika dibandingkan dengan mandi dengan air dingin

Tips Aman Mandi Air Hangat

Mungkin timbul pertanyaan “Bagaimana sih mandi atau berendam dengan air hangat yang baik agar selain mendapat manfaatnya, juga dapat terhindar dari bahayanya?”

  1. Selalu perhatikan suhu air yang akan dipergunakan untuk mandi atau berendam. Suhu air hangat yang baik adalah sekitar 40 hingga 50°C.
  2. Agar tubuh dapat beradaptasi dengan suhu yang ada, sebaiknya mulailah mandi dengan menggunakan air dingin sedikit demi sedikit, baru kemudian disiran dengan air yang hangat.
  3. Sebaiknya jangan melakukan kegiatan tersebut setiap hari, karena hal ini akan membuat kulit Anda menjadi kering
Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *