Awas HP Palsu!! 9 Cara Mudah Membedakan Smartphone Asli atau Palsu.

Posted on

Seperti Anda tahu, saat ini smartphone bukanlah barang mewah yang sulit untuk didapatkan. Gak harus semahal harga iPhone 7, banyak sekali android murah yang memiliki spesifikasi memukau. Maka wajar jika pengguna smartphone semakin banyak.

Maraknya ponsel Android yang ada di pasaran saat ini jelas menjadi salah satu keuntungan bagi konsumen di Tanah Air. Sebab, konsumen jelas akan mendapat lebih banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya.

baca juga :  Waspada!!! Ternyata Aplikasi ini Membuat Baterai HP Anda Boros. Simak!!

Namun, di sisi lain, tak jarang momen ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membuat replika ponsel Android berlabel merek global, terutama dari vendor-vendor besar yang populer di pasaran.

Untuk mengakalinya, tak jarang ponsel-ponsel tersebut dibanderol dengan harga yang sangat murah. Akan tetapi, kemampuan yang diusung jelas berbeda dengan ponsel asli.

Maka simak 9 cara mudah membedakan smartphone asli atau palsu.

  1. Kemasan atau box packagingnya

Beberapa pihak pemalsu terkadang tidak jeli dalam hal packaging atau box. Oleh karena itu, harus jeli sebelum memutuskan untuk membeli. Jika tulisannya aneh atau bentuk box-nya ada lipatan aneh atau kesalahan lain, lebih baik mencari di tempat lain.

Pastikan smartphone Anda masih dikemas untuk menjamin bahwa itu memang baru. Produsen ternama pasti mengemas smartphone-nya dengan packaging yang baik dan rapi. Tapi smartphone yang palsu kemasannya akan asal jadi.

  1. Buku petunjuk atau manual book

Manual book atau buku petunjuk penggunaan smartphone asli harusnya menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasarnya. Kenapa demikian? Soalnya kan agar bisa dipahami oleh penggunanya.

Misal untuk Indonesia, pasti menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Tapi jika ternyata menggunakan bahasa asing yang tidak bisa dipahami, maka kemungkinan besar smartphone itu adalah hasil black market.

Bila bahasanya bahkan tidak ada bahasa Inggrisnya atau full China atau bahasa lainnya sementara produk bukan dari China, maka perlu waspada.

Peluangnya hanya dua yaitu barang black market atau memang palsu.

  1. Material pada smartphone

Pastinya jika smartphone asli memiliki material bahan yang berkualitas dan dibuat sepresisi mungkin.

Kalau barang KW atau palsu, karena diproduksi di tempat yang tidak punya sertifikasi apa-apa, biasanya cenderung punya kecacatan di bagian material.

Udah dibuka dan siap dipake, eh tiba-tiba material smartphone Anda ternyata gak berkualitas dan terlihat asal jadi? Itu pasti kw atau palsu. Gak cuma bodi, material seperti adapter charger juga harus diperhatikan.

  1. Bentuk tulisan

Font-font atau bentuk huruf dari perusahaan smartphone yang berkualitas pasti dicetak dengan bahan yang tidak gampang rusak, pudar gara-gara usia.

Biasanya font dan simbol di smartphone ori itu mulus, gampang dibaca, dan  tidak gampang kekelopek serta bentuknya juga presisi atau rapi.

  1. Charger

Biasanya produsen smartphone ori selalu menyesuaikan socket sesuai dengan negara tempat mereka jual barangnya.

Biasanya,charger asli itu punya bagian plastik buat keamanan pemakaian. Charger asli selalu diberikan detail khusus demi keamanan, sementara charger smartphone palsu selalu polos di bagian plastiknya.

baca juga : HATI – HATI !!! Hal Sepele ini bisa cepat merusak Smarthphone Anda. Baca selengkapnya!!

  1. Kabel USB

Kualitas kabe USB juga jadi salah satu tanda yang jelas untuk membedakan produk palsu. Diproduk asli, dudukan kabel biasanya tegas dan merata, beda dengan produk palsu yang kadang malah oglek atau longgar. Ada  juga yang panjang soketnya tuh gak sesuai.

Kabel USB yang memiliki panjang plug tidak sesuai dengan kedalaman dan bentuk dudukan port USB juga bisa jadi indikator smartphone palsu. Kabel asli juga biasanya lebih alus dan lentur dan warnanya juga gak gampang pudar.

  1. Cek Nomor IMEI

Pastikan nomoer International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang ada di dus smartphone baru Anda sama dengan yang ada di smartphone. Cara mengeceknya, Anda bisa dial *#06# di smartphone. Jika muncul angka yang sesuai, berarti smartphone Anda asli. Tapi jika tidak, maka smartphone Anda palsu.

Anda juga bisa cek IMEI anda secara online di imei.info

  1. Gunakan Aplikasi pihak ke tiga

Untuk memastikan sebauah ponsel Android asli atau palsu, dapat juga menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store.

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi pasti tentang ponsel tersebut. Beberapa di antaranya adalah AnTuTu Benchmark atau CPU-Z.

AnTuTu biasanya digunakan untuk menguji benchmark sebuah ponsel. Dalam hasil pengujian biasanya akan disertakan data dan juga performa ponsel.

Oleh karena itu, setelah hasil pengujian diperoleh, dapat juga dibandingkan dengan ulasan terkait ponsel itu dari sumber lain, misalnya di internet.

Jika ternyata hasil pengujian berbeda jauh dengan ulasan yang ada, tak ada salahnya untuk curiga bahwa ponsel tersebut tidak asli.

Sementara aplikasi CPU-z digunakan untuk mengetahui informasi dan spesifikasi seputar ponsel tersebut. Anda juga dapat membandingkannya dengan informasi dari laman resmi vendor atau situs internet yang pernah mengulasnya.

baca juga : Ternyata!! Banyak Orang Belum Tau Rahasia Aplikasi WhatsApp. Cek Disini!!

  1. Uji Kamera

Salah satu yang tak lepas dari kemampuan sebuah ponsel berkamera adalah kualitasnya. Untuk itu, kamera dapat dijadikan salah satu indikator sebuah ponsel Android asli atau palsu. Namun, sebelum mencoba, Anda harus memiliki informasi tentang kemampuan atau spesifikasi kameranya.

Dari situ, Anda bisa membandingkan gambar hasil tangkapan dengan spesifikasi kamera yang diusung. Jika memang hasilnya tidak mencerminkan kualitas kamera dan berbeda dengan spesifikasi yang ada, dapat disimpulkan ponsel tersebut adalah palsu.

Selain itu, untuk pengujian lebih lanjut, gambar yang diambil dapat dipindah terlebih dahulu ke komputer berbasis Windows. Biasanya, sebuah gambar memiliki data exif (metadata foto) yang juga berisi informasi tentang ponsel yang digunakan.

Untuk mengetahuinya, klik foto, pilih properties, lalu details. Dari situ perhatikan model dan pembuat kameranya, apakah sudah sesuai dengan ponsel tersebut atau tidak?

Cukup mudah kan untuk mengetahuinya. Ingat, jangan tergiur harga murah tapi ternyata barangnya palsu.

Jangan lupa Like dan Share ya… Terimakasih

 

 

Referensi :

https://www.liputan6.com/tekno/read/2412170/5-cara-simpel-bedakan-ponsel-android-asli-atau-palsu

https://www.liputan6.com/tekno/read/2412170/5-cara-simpel-bedakan-ponsel-android-asli-atau-palsu

https://jalantikus.com/gadgets/cara-membedakan-smartphone-asli-dan-palsu/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *