Bolehkan ibu hamil bersepeda? Manfaat dan Tips Aman Bersepeda Ibu Hamil

Posted on

Kondisi hamil bukan berarti harus berdiam diri di rumah. Kondisi hamilpun juga memerlukan olahraga, baik outdoor maupun indoor. Selain untuk menambah kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh, berolahraga juga bisa menjaga mood supaya tetap keadaan baik. Ketika ibu hamil yang memiliki bad mood bisa sering marah dan menurut penelitian beberapa ahli bisa mempengaruhi kondisi janin.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, salah satunya bersepeda. Mungkin banyak yang bertanya “ Bolehkah Ibu Hamil Bersepeda? “. Ada beberapa dokter atau artikel menyebutkan bahwa ibu hamil tidak boleh bersepeda, karena bisa beresiko jatuh. Ada juga yang menyebutkan bahwa bersepeda masih tergolong olahraga yang aman dengan tetap memberikan perhatian khusus.

Jadi, jawaban dari “ Bolehkah Ibu Hamil Bersepeda? “ adalah boleh apabila memang kondisi kandungan kuat dan atau medan untuk bersepeda tergolong aman dan tidak beresiko. Tidak boleh apabila kondisi kandungan lemah dan atau medan yang dilalui untuk bersepeda tergolong berbahaya, baik itu kondisi jalan yang tidak rata atau kondisi jalan yang rame.

Bagi anda yang merasa kandungan cukup kuat dan menginginkan untuk bersepeda maka anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk tetap aman dalam bersepeda ketika anda sendang hamil.

Tips Aman Bersepeda Untuk Ibu Hamil

  1. Tentukan rute. Tentukan rute anda untuk bersepeda. Sebaiknya pilihlah rute bersepeda dengan kondisi jalan yang rata dan halus serta jauh dari keramaian.
  2. Cek kesiapan sepeda. Sebelum anda pergi bersepeda sebaiknya anda memeriksa keadaan sepeda anda. Pastikan semua kondisi aman, agar anda dapat memperkecil resiko terhadap kecelakaan. Pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan baik, ban tidak bocor, dan ban luar sepeda anda tidak gundul. Gunakan sepeda yang memang cocok untuk kondisi anda.
  3. Sadel yang lebar. Gunakan sadel sepeda anda dengan yang lebih lebar supaya bokong anda tidak cepat merasa sakit, serta aliran darah anda tidak tersumbat oleh tekanan tubuh yang berat.
  4. Peregangan atau pemanasan. Lakukan peregangan serta pemanasan terlebih dahulu sebelum anda mulai bersepeda. Cukup dengan menggerakan kepala, bahu, tangan dan kaki anda selama 5 – 10 menit dengan perlahan.
  5. Tentukan waktu. Usahakan anda berolah raga sepeda ini pada pagi hari antara pukul 07.00 – 09.00 yaitu ketika matahari belum terlalu panas, hal ini dilakukan agar tidak terjadi dehidrasi yang diakibatkan oleh kepanasan. Selain itu matahari pagi masih sangat bagus bagi kesehatan tulang anda.
  6. Air minum. Selama bersepeda hal yang perlu anda perhatikan ialah minum air putih lebih dari biasanya. Hal tersebut dapat mempercepat dalam mengeluarkan panas di dalam tubuh yang diakibatkan karena meningkatnya kegiatan otot di dalam tubuh. Jika panas di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka akan menimbulkan gangguan pada tulang belakang terutama jika kehamilan anda baru memasuki trimester pertama.
  7. Porsi Makan. Setelah selesai bersepeda ada baiknya anda menambah porsi makan anda. Melakukan olah raga bersepeda ini menghabiskan sekitar 150 hingga 200 kalori, sementara itu berat badan ibu yang sedang hamil di haruskan untuk terus bertambah, maka diharuskan juga untuk anda mengganti setiap kalori yang hilang ketika anda melakukan aktifitas bersepeda.

Baca juga : 7 Olahraga yang Baik dan Aman untuk Ibu Hamil

Yang Perlu Dihindari ketika Ibu Hamil Bersepeda

  1. Bersepeda Sore Hari. Hindari melakukan olah raga sepeda pada sore hari. Sebab pada sore hari anda telah melakukan banyak kegiatan sehingga kaki anda akan membengkak yang diakibatkan oleh banyaknya aktifitas. Dan sore hari kondisi udara sudah banyak tercemar dengan polusi asap kendaraan.
  2. Jalan Berlubang. Sebaiknya anda menghindari jalan yang berlubang. Dengan banyak jalan berlubang akan memperbanyak goncangan yang hal tersebut dapat memicu kontraksi serta dapat meningkatkan resiko terjatuh.
  3. Posisi Badan Membungkuk. Usahakan anda tidak terlalu membungkuk ketika sedang bersepeda. Hal ini dapat mengakibatkan rasa nyeri pada tulang di bagian bawah sehingga akan kehilangan keseimbangan sebab gravitasi pada tubuh terlalu condong ke depan. Sesuaikan tinggi sadel dan tinggi stang supaya anda nyaman dan tidak terlalu membungkuk.
  4. Jalan Menanjak. Sebaiknya anda tidak melewati jalan menanjak. Ini dapat menyebabkan anda cepat kelelahan nafas terasa berat, sera tekanan darah akan naik cepat. Karena jalan yang menanjak memaksa anda untuk bekerja lebih keras dalam mengayuh sepeda.
  5. Makan Ketika Bersepeda. Sebaiknya anda menyediakan makanan ketika anda bersepeda, meskipun itu hanya berupa cemilan. Namun jangan melakukan makan sambal bersepeda, karena akan mengurangi tingkat konsentrasi dan keseimbangan anda. Sebaiknya berhentilah di tempat yang aman apabila anda ingin makan atau sekedar nyemil dan minum.
  6. Menggunakan Headset. Hindari mendengarkan music menggunakan headset. Ini dapat membuat anda menjadi kurang waspada. Anda bisa saja tidak mendengan suara dari kendaraan yang lain atau mendengan suatu peringatan.

Manfaat Bersepeda Untuk Ibu Hamil

Apabila ibu hamil itu bisa menjaga keaman selama bersepeda, maka bersepeda itu akan bermanfaat untuk ibu hamil. Namun apabila resiko terlalu tinggi saya sarankan jangan nekat untuk bersepeda, lebih baik lakukan olahraga yang lain.

  1. Meningkatkan Energi. Kehamilan bisa menyedot energi anda namun olahraga yang teratur bisa membantu anda melalui pekerjaan harian anda atau untuk mengatasi jadwal kegiatan anda. Olahraga akan memperkuat sistem kardio vaskular  jadi anda tidak akan mudah capek.
  2. Mengurangi Stress atau Memperbaiki Mood. Dengan bersepeda anda akan menikmati lingkungan sekitar. Apabila anda bersepeda di daerah yang banyak pohon dan rumput maka pemandangan itu akan memanjakan mata anda dan bisa memperbaikai mood anda. Udara yang segar juga bisa sebagai penyejuk di pagi hari dan bisa mengurangi tingkat stress.
  3. Meningkatkan Citra Diri. Melihat jarum penunjuk timbangan menunjukkan angka yang tidak pernah anda lihat sebelumnya bisa membuat anda kaget dan sakit hati. Dengan tetap aktif olahraga salah satunya bersepeda, anda telah membantu diri anda sendiri untuk merasa lebih baik dan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

Baca juga : 8 Manfaat Penting Olahraga untuk Ibu Hamil

 

Apabila bersepeda menurut anda terlalu beresiko, saya sarankan anda melakukan olahraga yang lain. Jika anda mulai merasakan keluhan-keluhan setalah atau ketika bersepeda seperti pusing, nafas terasa pendek, jantung berdebar maka ada baiknya anda segera menghentikan kegiata bersepeda anda. Jika olah raga bersepeda sudah anda hentikan selama lebih dari 30 menit namun kontraksi masih terjadi, sebaiknya anda cepat menemui dokter kandungan.

Selamat berolahraga bunda, semoga sehat sampai proses kelahiran

 

referensi dari :

https://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tips/6-tips-aman-ibu-hamil-bersepeda

https://bidanku.com/tips-bersepeda-dengan-aman-saat-hamil

https://www.liputan6.com/health/read/800489/ibu-hamil-boleh-bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *