Cara Melatih Pukulan Supaya Cepat dan Kuat

Posted on

Banyak sekali tehnik daasar dalam ilmu beladiri. Dari mulai kuda – kuda, pola langkah, pukulan, tendangan dan lain – lain. Pukulan adalh salah satu tehnik dasar dalam beladiri yang harus di kuasai. Ketika pukulan itu bisa cepat dan bertenaga maka reaksi yang hebat akan terjadi terhadap lawan yang menerima pukulan itu.

Pukulan memang suatu serangan yang harus di lancarkan dengan jarak dekat. Di karenakan jangkauan pukulan memang tidak sejauh tendangan. Namun menurut saya, pukulan memliki resiko yang kecil. Karena ketika melancarkan pukulan maka kedua kaki masih berada di tanan dan mudah untuk menjaga keseimbangan. Namun ketika melancarkan tendangan maka kuda – kuda kita hanya bertumpu pada satu kaki. Dan ini lebih beresiko.

Ada berbagai macam jenis pukulan. Ada pukulan jap, slewah, bagong, uppercut, dan lain – lain. Semuanya memiliki fungsi masing – masing. Memiliki pukulan yang cepat dan kuat tentu menjadi idaman dan suatu pencapaina tersendiri. Tentu untuk mendapatkan pukulan yang cepat dan kuat tidak bisa instann, tapi membutuhkan latihan yang disiplin dan kesabaran.

Kali ini Saya akan sedikit berbagi bagaimana kecepatan dan kekuatan pukulan.

Melatih Kekuatan dan Kecepatan Pukulan

1. Melatih Kuda – kuda

Kuda – kuda dalam ilmu beladiri merupakan dasar dari kekuatan dan gerakan ibarat sebuah pondasi. Ketika pondasi itu kuat maka hasil dari pukulan itu juga semakin maksimal. Tidak hanya untuk menyerang, kuda – kuda juga berfungsi untuk pertahanan kita.

Sudah banyak sekali suati perguruan atau pelatih ilmu beladiri mereka mengawali latihan dengan melatih kuda – kuda. Bahkan ada yang sampai memakan waktu yang lama untuk menguatkan kuda – kuda.

baca juga : 24 Cara Menguatkan Otot Paha untuk Melatih Kuda – kuda

2. Melatih Otot dan Sendi

Otot yang berhubungan langsung dengan pukulan perlu di latih dengan baik untuk menghasilkan pukulan yang bertenaga dan mempunyai kecepatan yang bagus. Otot lengan, siku, bahu dan punggung atas sangat berpengaruh pada hasil pukulan. Metode yang paling praktis untuk melatih otot – otot itu adalah dengan melakukan push up dan pull up . Lakukan dengan repetisi rendah dan berat beban tinggi untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

baca juga : Melatih Tendangan Cepat dan Kuat

3. Memperkuat Pergelangan Tangan

Untuk menghindari dari kata cidera, maka Anda perlu melatih pergelangan tangan. Ketika melancarkan pukulan yang kuat apabila pergelangan tangan tidak terlatih bisa terjadi keseleo atau terkilir. Ada cara mudah untuk melatih pergelangan tangan, yaitu :

  • Carilah botol minuman air mineral apa saya yang sudah kosong.
  • Isi botol dengan air.
  • Pegang erat dengan kedua tangan kemudian gerakkan tangan kedepan – kebelakang, ke kanan – ke kiri, dan memutar
  • Lakukan beberapa menit setiap hari dengan mengulang gerakan tersebut.
  • Mulai dengan botol yang kecil terlebih dahulu ( 600ml ) lalu tingkaatkan ke yang lebih besar.

4. Memperkuat Kepalan

Ketika Anda melakukan pukulan tentu bagian tangan Anda akan berbenturan dengan sasaran. Maka perlu adanya latihan untuk memperkuat kepalan tangan. Lakukan kepalan tangan dengan padat dan jangan ada kekosongan dalam kepalan. Kekosongan dalam kepalan bisa berakibat cidera pada jari – jari. Latihalah dengan memukul samsak atau lakukan push up dengan mengepal.

5. Latihan Dasar Pukulan

Latihan dasar pukulan sangatlah penting. Selain ketepatan sasaran perlu di perhatikan juga ketepatan gerak. Dan juga perlu melatih kapan harus mengkendurkan otot dan kapan harus mengencangkan otot ketika memukul. Latihlah : otot kendur ( rileks ) ketika persiapan memukul, kemudian tegangkan oto ketika melakukan pukulan. Lakukan latihan ini berulang kali sampai Anda menemukan Timing yang tepat kapan harus menegangkan otot.

baca juga : Apa Manfaat Belajar Beladiri

Setelah Anda melakukan latihan dengan disiplin dan maksimal maka saatnya anda mengukur kekuatan dan kecepatan pukulan Anda.

Cara Mengetes Pukulan dengan Sederhana

Cara yang paling sederhana adalah dengan mematikan api lilin. Anda berusaha mematikan api lilin dengan angin yang berhembus dari pukulan anda. Siapkan lilin yang menyala, ukur jarak akhir pukulan dengan api 3 – 5 cm. Lakukan dengan semakin menambah jarak antara titik akhir pukulan dengan api. Semakin jauh jarak maka pukulan Anda semakin cepat dan bertenaga.

 

Demikian sedikit sharing pengalaman. Tentu masih banyak metode lain untuk menguatkan dan mempercepat pukulan. Semoga artikel ini bermanfaat. Keep Practice and Good Luck.

 

Sumber referensi dari : https://yonatanadi.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *