Jangan Salah Pilih!! 8 Jenis Sepeda Sesuai Kegunaannya.

Posted on

8 Jenis Sepeda Sesuai Kegunaannya

Sekarang ini keberadaan sepeda di tengah jalanan kota mulai semarak kembali. Mereka yang bersepeda tidak hanya untuk saat santai saja, tapi juga ada yang menggunakannya sebagai alat transportasi utama ketika hendak pergi bekerja. Salah satu alat transportasi yang tidak mengandung polusi kendaraan dan ramah lingkungan yakni sepeda. Sepeda sangat praktis untuk kebutuhan transportasi ditengah kemajuan modern saat ini, kendaraan sepeda juga dapat menjadikan salah satu aktivitas olahraga.

Ditengah sedang mengalami iklim pemanasan global, akibat dari polusi lingkungan yang sudah banyak tercemar dan banyak beberapa akibat lainnya. Sepeda kini masih terjaga eksistensi nya untuk transportasi di dunia, tapi tahukah kamu? Dengan seiring perkembangan zaman sepeda juga sudah memiliki banyak varian, bentuk, dan keberagaman kegunaannya

Ada begitu banyak model sepeda yang saat ini tengah populer di masyarakat Indonesia. Mulai dari sepeda lipat, fixie, bahkan sepeda klasik pun masih eksis di negara tercinta kita ini.

baca juga : Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada yang melarang kita untuk menggunakan jenis sepeda apa ketika kita bersepeda di jalan raya. Baik sepeda gunung, sepeda bmx, atau sepeda balap, semuanya bisa Anda gunakan asal tetap tertib dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Berikut ini beberapa jenis sepeda menurut kegunaannya.

Mountain Bike (MTB) / Sepeda Gunung

Sudah di bayangkan kan sepeda gunung bentuknya seperti apa? Tentu sepeda ini dikhususkan untuk perjalanan berbatuan, tanah basah, dan medan berat lainnya. Sepeda yang pertama kali dikenalkan di Negara Amerika Serikat pada tahun 1970-an

Biasanya pada ban sepeda MTB memiliki tapak yang lebar agar dapat bertahan semaksimal mungkin di jalan berat dan batang/rangka nya pun umumnya relatif besar serta kuat.

Sesuai dengan namanya, sepeda ini terasa lebih cocok bila digunakan dalam area pegunungan atau medan berat lainnya. Sepeda gunung atau bisa dikenal dengan sebutan Mountain Bike (MTB) ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 di arena perbukitan San Fransisco.

Ciri-ciri sepeda gunung:
– Rangka terbuat dari pipa yang relatif lebih besar dan kuat bila dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya.
– Ukuran roda 26” dengan tapak ban yang cukup lebar
– Karena di khususkan untuk medan berat, maka profil tapak ban yang dipakai mampu mencengkram tanah dan batu.
– Menggunakan shock breaker pada roda depan atau dikeduanya.
– Mempunyai tiga gear depan dan 10 gear belakang.

BMX

Siapa yang tidak tahu sepeda BMX? Sepeda yang sangat populer sekali dikalangan anak-anak maupun remaja. Untuk kalangan remaja tak jarang banyak dilakukan nya freestyle atau atraksi-atraksi keren dan extreme. Sepeda ini memiliki ukuran bentuk relatif kecil yang memungkinkan kamu dengan mudahnya untuk memakainya. Sepeda ini banyak digunakan untuk atraksi ekstrim dan juga merupakan jenis sepeda yang paling disukai oleh kaum lelaki. Sekarang ini banyak sekali komunitas sepeda BMX yang tersebar diseluruh dunia.

Folding Bike / Sepeda Lipat

Meskipun terbilang baru, jenis sepeda yang satu ini rupanya telah banyak memikat para pengguna sepeda. Mereka yang mengusung gerakan “bike to work” juga banyak yang menggunakannya.

Sepeda lipat yang memiliki keunggulan sangat praktis daripada jenis-jenis sepeda lain, terutama di zaman ini. Sepeda yang dapat dilipat secara kecil ini sangat praktis bila ingin dibawa kemana-kemana, dengan ukuran lipatan kecil maka sepeda ini dapat dimasukkan ke dalam bagasi mobil.

Sangat cocok juga jika tempat penyimpanan kamu tidak terlalu besar untuk diletakkan nya sepeda ini

Fixie Bike / Sepeda Fixie

Sepeda yang mempunyai bentuk dan tampilan sangat unik. Cocok untuk digunakan di jalanan aspal yang mulus dan rata sebab sepeda ini memiliki kecepatan luar biasa. Di sepeda ini tak ada kabel-kebel rem, yang bahwa menampilkan tampilan sederhana. Namun, walaupun nggak punya kebel rem, sepeda ini dapat mengurangi kecepatan dengan menggoes kebelakang

Sepeda Hybrid

Dengan perpaduan antara kedua jenis sepeda gunung dan sepeda balap, jadilah perpaduan itu menjadi sepeda Hybrid. Sepeda yang cocok digunakan di jalan raya dan beralih dari itu, sepeda ini memiliki kenyamanan tempat duduk empuk hingga orang betah berlama-lama di sepeda Hybrid.

Jenis sepeda yang satu ini merupakan perpaduan antara sepeda gunung dan sepeda balap. Sepeda yang satu ini lebih cocok digunakan di jalan raya.

Ciri-ciri sepeda hybrid:
– Bentuk rangka hampir mirip dengan sepeda gunung.
– Terdapat shock breaker pada roda depannya.
– Diameter pipa lebih mirip sepeda balap.
– Ukuran roda 27” sehingga mirip dengan sepeda balap.
– Ban lebih lebar dari sepeda balap dengan disertai permukaan tapak yang sedikit bertekstur.

City Bike / Sepeda Kota

Sepeda urban atau city bike ini umumnya digunakan di area perkotaan. Sepeda yang sederhana tampilannya dan biasanya digunakan banyak kalangan perempuan, sebab didepan stang sepeda mempunyai keranjang agar barang-barang belanjaan dapat dibawa.

Sepeda Balap

Sepeda yang khususkan untuk race atau balapan, sepeda ini memiliki kecepatan yang sangat luar biasa dan tentunya jalan yang dilewati pun harus jalan yang bagus dan halus. Sepeda yang hanya memiliki berat sekitar 5kg, menjadikan sepeda ini sangat ringan daripada jenis-jenis sepeda lainnya.

Sepeda ini digunakan di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Atlet balap sepeda biasanya menggunakan sepeda jenis ini. Sepeda balap bisa dipacu hingga kecepatan 60 km / jam dijalan datar.
Ciri – ciri sepeda balap :
• Rangka menggunakan pipa yang relatif lebih kecil.
• Ukuran roda 700 cm, diameter ban lebih besar dari sepeda gunung, tetapi lebar peleg lebih kecil dari sepeda gunung.
• Tapak ban relatif halus.
• Tidak menggunakan shock breaker sama sekali.
• Setir berbentuk melengkung pada ujung – unjungnya, untuk merendahkan posisi badan atas pengendara, sehingga didapat aerodinameter yang ideal.
• Sepeda balap bisa memiliki tiga gear depan dan 10 gear belakang.

 

Demikian review saya tentang sepeda menurut kegunaannya. Jangan salah pilih sepeda ya…

Jangan lupa SHARE….. terimakasih.

 

review :

https://www.kaskus.co.id/thread/533b06579acf17cc0f0002c6/macam-macam-sepeda-sesuai-kegunaan/

http://kepo.loop.co.id/articles/yuk-kita-kenali-jenis-jenis-sepeda-berikut

http://hargasepedainfo.blogspot.co.id/2015/10/mengenal-lebih-dekat-jenis-jenis-sepeda.html

https://www.barisan.info/mengenal-8-macam-jenis-jenis-sepeda-di-dunia/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *