Kelebihan dan Kekurangan Hp Refurbished Serta Tips Membeli

Posted on
kelebihan hp refurbished bansolinc.com

Kelebihan HP Refurbished – HP atau smartphone  refurbished sedang menjamur belakangan ini, menyita perhatian pemburu gadget dengan harga miring yang ditawarkannya. Jika Anda sudah sepenuhnya memahami arti HP refurbished dan memutuskan untuk membelinya, inilah keuntungan dan kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan.

Kelebihan Hp Refurbished

baca juga : Apa itu HP Refurbished ? Dan Ciri – cirinya

1. Harga sangat murah

Apple iPhone 5 punya harga normal sekitar Rp6 jutaan, namun iPhone 5 refurbished ditawarkan lebih murah seharga Rp3 jutaan saja. Perbedaan harga sekitar Rp3 jutaan jelas cukup berarti bagi yang sensitif dengan bujet. Bahkan harga tersebut lebih murah dibanding iPhone 5 bekas non-refurbished. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda membeli HP refurbished lainnya, harganya dipastikan jauh lebih murah.

2. Kinclong seperti HP baru

Salah satu daya tarik HP refurbished adalah kondisi fisiknya yang mayoritas seperti HP baru. Pasalnya, HP refurbished sejatinya adalah HP yang tidak memenuhi kualitas standar untuk dijual yang kemudian “didandani” kembali sehingga fungsi dan penampilan fisiknya mirip seperti HP baru.

Kekurangan Hp Refurbished

1. Lebih rentan rusak

Tidak semua HP refurbished gampang rusak. Namun jika dibandingkan dengan HP baru non-refurbished, kemungkinan terjadi masalah atau kerusakan pada HP refurbished memang lebih besar. Alasannya seperti yang kami jelaskan pada poin di atas, HP refurbished memang produk yang pernah mengalami kerusakan atau cacat dan diperbaiki menjadi seperti baru lagi.

2. Harga jual kembali rendah

Kalau Anda hobi berganti-ganti perangkat, Anda akan mendapati bahwa harga jual kembali (second) dari HP refurbished jauh merosot dan bahkan akan lebih sulit laku. Di Indonesia sendiri, tidak banyak pengguna gadget yang paham arti HP refurbished. Mayoritas dari mereka juga tidak berani mengambil risiko.

3. Sulit klaim garansi

Sudah jadi rahasia umum bila proses klaim garansi perangkat elektronik susah-susah gampang. Ada sebgaian vendor yang bisa menanganinya dengan cepat, ada pula yang lambat dan cenderung tidak jelas. Kalau mengklaim garansi HP non-refurbished saja repot, apalagi dengan HP refurbished yang mayoritas hanya memiliki garansi toko atau distributor.

4. Kualitas Dibawah Standar

Smartphone merupakan produk rancangan manusia, akan tetapi proses pembuatan dan perakitannya dilakukan oleh mesin.

Hal ini memungkinkan timbulnya kesalahan yang dilakukan dalam proses pembuatan dan perakitanya, sehingga ada beberapa produk tidak memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan.

Tips Membeli Hp Refurbished

1. Cari tahu dengan jelas tentang smartphone yang akan kamu beli

Cari tahu dengan jelas tentang fisik dan fungsi dari smartphone refurbished yang ingin kamu beli, baik itu Android maupun Apple. Jangan sampai kamu mengira bahwa itu barang refurbished, yang ternyata adalah barang rekondisi. Namun kamu tidak sadar sama sekali karena kamu kurang mengenal barang itu.

2. Beli dari tempat yang terpercaya

Sekarang begitu banyak penjual handphone refurbished online, sehingga kamu harus berhati-hati. Kalau membeli barang yang harganya jutaan, usahakan agar bisa COD (cash on delivery), jadi kamu juga langsung bisa mencoba handphone tersebut. Hal ini juga sangat meminimalisir terjadinya penipuan online. Kalau beli di toko, pastikan toko itu memiliki garansi resmi ya. Misalnya untuk iPhone, iPhone refurbished memiliki garansi resmi Apple selama 1 tahun. Jangan sampai toko tersebut hanya memberimu garansi satu bulan saja. Rugi banget kan?

3. Untuk iPhone, pastikan kotaknya tertulis “Apple Certified Pre-Owned”

Khusus untuk produk refurbished Apple, semua kotaknya pasti memiliki tulisan yang menandakan kalau barang itu adalah barang refurbished sehingga tidak akan tertukar dengan yang baru. Tulisannya bisa berupa “Apple Certified Pre-Owned” atau “Apple Certified Refurbished” dan semacamnya.

4. Cek Aksesoris

Karena diperbaiki langsung oleh pabrik asal, aksesoris yang diberikan tentu aksesoris asli, jadi jangan takut ya. Berhati-hatilah, bisa jadi saat kamu membeli smartphone refurbished tapi aksesoris yang kamu dapatkan terlihat palsu.

5. Perhatikan masa dan ketentuan garansi

Yang paling penting untuk diperhatikan saat membeli HP refurbished adalah garansinya. Ada produk refurbished yang disertai garansi, ada pula yang tidak. Kalau pun ada garansi, masa garansi yang diberikan biasanya jauh lebih singkat, bisa seminggu, dua minggu, hingga lama tiga bulan. Namun ada pula produk refurbished yang bergaransi satu tahun, meski sangat jarang ditemui.

baca juga :Hati – hati!! Kenali dulu Apa itu AU dan Docomo

Nah… Pada intinya Anda perlu sangat teliti di dalam membeli HP Refurbished. Jangan hanya melihat kelebihan Hp Refurbished aja, namun anda juga harus mempertimbangkan kekurangannya. Lebih besar kelebihan hp refurbished atau lebih besar kekurangannya. Jika lagi beruntung Anda akan mendapat HP yang bagus dengan harga yang murah.

Jangan lupa LIKE dan SHARE ya supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *