Sudah Tahu ?? Apa Manfaat Bersepeda?

Posted on

Manfaat Bersepeda – Bersepeda akhir – akhir ini semakin ramai dibicarakan. Banyak pejabat negara mulai gemar bersepeda. Ditambah banyaknya kota yang memberlakukan CFD ( Car Free Day ) semakin menambah banyaknya pengguna sepeda. Bahkan beberapa kota sudah ada marka jalan yang bertuliskan khusus untuk pesepeda.

baca juga : Otot yang Bekerja Ketika Bersepeda

Di samping itu anda juga perlu tahu apa Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh. Olahraga yang populer di seluruh lapisan msyarakat ini ternya mempunyai banyak manfaat. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang akan saya sampaikan mengutip dari beberapa artikel yang ada.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengendalikan berat badan

Bersepeda termasuk salah satu cara yang baik untuk mengendalikan berat badan. Terlebih bila anda menginginkan berat badan anda turun, bersepeda bisa menjadi salah satu program olahraga pilihan. Bersepeda dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu anda untuk memastikan bahwa pembakaran kalori lebih besar dari pada saupan kalori dari berbagai makanan yang anda konsumsi.

Jika anda memang mencoba untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda, maka cobalah untuk mengkombinasikan antara aktivitas bersepeda dengan pola makan yang sehat. Berapa banyak kalori yang bisa anda bakar dengan bersepeda tergantung seberapa jauh anda bersepeda, seberapa cepat anda mengayuh sepeda, bagaimana medan bersepeda yang anda lalui dan kapan anda bersepeda. Beberapa studi menyebutkan bahwa dengan bersepeda setengah jam setiap hari dapat membakar hampir 5 kilogram lemak dalam setahun.

baca juga : Melatih Tendangan Cepat dan Kuat

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara rutin dan teratur dapat memperbaiki kinerja jantung, paru – paru, sirkulasi darah, pembentukan sel baru, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Dengan bersepeda otot jantung anda akan semakin kuat dan kadar lemak dalam darah bisa berkurang. Dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung usia tua.

3. Mengurangi risiko kanker

Dengan mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, hal tersebut akan membantu anda mengurangi risiko kanker. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa ketika orang memiliki kondisi tubuh yang bugar, bahkan di usia tua, akan berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru – paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa dengan bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes

Ketika seseorang kurang dalam aktivitas fisik,maka itu bisa menjadi salah satu penyebab diabetes. Dengan bersepeda maka seseorang itu akan beraktivitas dan dengan aktivitas itu bisa mengurangi diabetes. Di Finlandia dalam studinya menunjukkan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit perhari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh

Bersepeda juga dapat mencegah Anda mengalami patah tulang akibat jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus membantu osteoporosis, namun, bersepeda merupakan bentuk latihan yang ideal bagi penderita osteoporosis, karena bersepeda adalah latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit kepada sendi.

Sebuah studi juga menemukan bahwa setelah mulai bersepeda, kondisi pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoartritis semakin membaik karena pergerakan sendi yang ringan.

baca juga : Cara Melatih Pukulan Supaya Cepat dan Kuat

6. Mengurangi stress

Melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh Anda memprodukdi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang Anda alami. Dan dengan bersepeda anda akan merasakan pemandangan selama anda bersepeda. Anda bisa berinteraksi juga dengan orang lain.

7. Memperbaiki kardiovaskular

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.Menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal.Makin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular Anda, makin rendah risiko Anda terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

8. Meningkatkan Kekuatan Otot

Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bersepeda yang tidak bisa kami sebutkan semuanya. Pada intinya berhati – hatilah dalam berolahraga dan persiapkan segalanya sebelum berolahraga.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *