manfaat sarapan

Manfaat Sarapan dan Panduannya

Posted on
manfaat sarapan

Manfaat Sarapan – Kesehatan seseorang bisa di awali dengan pola makan yang baik, termasuk sarapan. Jangan sampai mengorbankan kesehatan di usia muda sehingga akan menyesal di usia tua nanti.

Banyak orang menyepelekan sarapan. Padahal menurut penelitian para ahli, sarapan sangat banyak manfaat bagi fisik maupun mental. Layaknya sebuah kendaraan, anda perlu mengisi bahan bakar untuk mengembalikan energy setelah anda tidur semalaman.

baca juga : Cari Sepeda Lipat? Cek Disini

Banyak manfaat bagi orang yang bisa merutinkan sarapan. Baik untuk usia remaja, dewasa maupun sudah tua. Tentu keseimbangan asupan makanan juga harus tepat juga.

Bagaimana Panduan Sarapan yang Tepat?

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, Ahli Gizi sekaligus Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia menyatakan bahwa menu sarapan kebanyakan masyarakat Indonesia umumnya masih belum memenuhi kebutuhan gizi yang lengkap dan seimbang. Hal ini dikarenakan pola kebiasaan konsumsi sarapan yang masih ‘sebutuhnya’. Yaitu anggapan bahwa sarapan hanya sekedar untuk mengganjal perut dan mencegah lapar ketimbang membekali tubuh dengan sumber gizi yang bisa memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama agar tubuh lebih siap beraktivitas.

Beliau mengatakan bahwa menu sarapan sehat adalah yang mengandung:

  • Karbohidrat, sebaiknya karbohidrat kompleks seperti oatmeal, gandum, biji-bijian, dan nasi merah.
  • Lemak, yaitu lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan.
  • Protein, seperti telur dan daging tanpa lemak.
  • Vitamin dan mineral, yang berasal dari buah dan juga sayur.
  • Serat, yang juga berasal dari buah dan juga sayur.
  • Air.

Contoh Menu Sarapan Sehat

Beberapa contoh kombinasi menu sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, contoh menu sarapan sehat untuk anak sekolah usia 6-12 tahun antara lain:

  • Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu
  • Nasi goreng + telur dadar + sayuran
  • Bubur ayam + pisang
  • Lontong sayur + telur + buah
  • Nasi uduk + ayam goreng + buah
  • Mi goreng + telur + buah

Manfaat Sarapan Pagi

Pada dasarnya sarapan pagi memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Nah, bagi Anda yang masih sering melewatkan waktu sarapan ada baiknya baca 10 manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh berikut ini.

  1. Memberikan Energi Lebih
    Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah. 
  2. Menyegarkan Otak
    Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat.
  3. Menjaga Konsentrasi
    Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
  4. Mencegah Penyakit Maag
    Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
  5. Menyehatkan Tubuh
    Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. 
  6. Menghindari Makan Tak Terkontrol
    Sarapan pagi menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak camilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan. 
  7. Menambah Nutrisi dan Meningkatkan Energi Tubuh
    Sarapan menyediakan proporsi asupan total nutrisi sepanjang hari secara signifikan dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi seperti zat besi, serat dan vitamin.
  8. Penurunan Berat Badan Tubuh
    Mengkonsumsi makanan sehat pada saat bangun tidur dapat memberi peningkatan metabolisme tubuh, jika Anda sedang dalam program diet, hal yang diinginkan adalah meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak
  9. Koordinasi Tubuh Lebih Baik
    Manfaat sarapan pagi bagi tubuh yakni mengkoordinasi tubuh untuk menjadi lebih baik. Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan tubuh bisa memperbaikinya dengan mengkonsumsi sarapan pagi secara teratur.
  10. Mengurangi Resiko Stres ( meningkatkan mood)
    Dalam keadaan perut kosong di pagi hari dengan aktifitas padat serta tekanan pekerjaan yang tinggi dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak baik akan membuat Anda mudah stres. Maka, manfaat sarapan pagi itu adalah mengurangi resiko stres tersebut.

Baiklah sobat sehat, setelah sama – sama memahami manfaat dari sarapan begitu luar biasa maka jangan sampai anda melewatkan sarapan dengan menu yang sehat juga

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *