Memperkuat Pergelangan Kaki setelah Terkilir

Posted on

Cedera yang terjadi pada pergelangan kaki tentu membuat Anda tidak nyaman. Bahkan Anda mungkin hanya bisa menikmati hari – hari dengan hanya duduk di sofa saja. Penangan yang intensif sangat diperlukan untuk mengembalikan performa pergelangan kaki Anda. Setelah Anda terkilir perlu diberikan perawatan dan langkah yang baik untuk menguatkan otot pergelangan kaki. Jangan pernah memaksakan diri untuk tetap melakukan kegiatan secara normal, karena itu bisa memperparah cedera yang Anda alami. Untuk penangan silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

  • Berikan pelindung pada pergelangan kaki

Melindungi pergelangan kaki adalah cara pertama untuk tidak menambah cedera yang terjadi. Apabila ada maka gunakan perban atau yang lain yang bisa di balutkan pada pergelangan kaki supaya pergelangan tidak banyak bergerak. Atau mungkin bisa Anda menggunakan bidai. Berjalanlah dengan tumpuan pada kaki yang sehat untuk mengurangi beban pada kaki yang cedera.

  • Beristirahatlah yang cukup

Selain pergelangan kaki Anda mendapat perlingdungan, istirahat juga sangat di perlukan. Ketika Anda beristirahat maka tubuh akan mulai memperbaiki pergelangan kaki Anda. Dan usahakan jangan memberikan beban berlebih pada pergelangan kaki Anda. Walaupun Anda sedang istirahat sebaiknya tetap perhatikan beban tumpuan pada pergelangan kaki ANda yang sedang cedera.

  • Dinginkan atau kompres dengan yang dingin

Untuk meredam rasa sakit maka kompreslah pergelangan kaki Anda dengan air dingin atau Es. Ini juga bisa meredakan pembengkakan yang terjadi. Untuk hasil yang maksimal kompres lebih dari 10 menit dan jangan lebih dari 30 menit. Ulangi sampai beberapa kali pengompresan.

  • Jaga pergelangan kaki tetap terangkat

Usahakan posisi pergelangan kaki tetap terangkat atau berada lebih tinggi dari badan, Tujuannya supaya darah yang mengalir pada pergelangan kaki tidak terlalu banyak sehingga mengakibatkan rasa sakit.

  • Jangan berlari atau melakukan pergerakan fisik yang lain

Walaupun Anda mungkin sudah merasa bosan dan ingin segera kembali ke lapangan tapi tahanlah keinginan itu. Pergerakan fisik yang berat akan beresiko membuat pergelangan kaki Anda kembali cedera.

Pemulihan tentu memerlukan usaha yang sangat luar biasa. Apabila di dalam masa pemulihan Anda tetap merasakan sakit atau otot tidak kunjung pulih Saya sarankan segera hubungi Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut lagi.

baca juga : cara melindungi lutut dari cedera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *