Mitos! Bahwa Ngilu Pada Sendi berati Asam Urat (Penyebab Asam Urat)

Posted on
asam urat bansolinc.com

Asam Urat – Di masyarakat kini beredar mitos bahwa ngilu pada sendi berate asam urat. Pengertian ini perlu diluruskan karena tidak semua keluhan dari nyeri sendi disebabkan oleh asam urat. Pengertian yang salah ini semakin diperparah oleh iklan jamu dan obat tradisional.

Sebenarnya yang dimaksud dengan asam urat adalah asam yang berbentuk kristal – kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nucleoprotein), yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel – sel tubuh.

Jadi, asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang sebenarnya memiliki asam urat hasil dari metabolisme makanan yang mengandung purin ( tanaman : sayur, buah, kacang-kacangan. Hewan : daging, jeroan, ikan sarden, dll ). Ketika kadar purin dalam tubuh kita berlebih atau melewati batas normalnya maka barulah terasa ngilu dan sering disebut dengan asam urat itu.

Apa Sih Penyebab Asam Urat?

Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer san penyakit gout sekunder. Pada penyakit gout primer, 99% penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Diduga, penyakit ini berkaitan dengan kombinasi factor genetic dan factor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat berakibat pada peningkatan produksi asam urat. Atau, bisa juga karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

baca juga : Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Sedangkan penyakit gout sekunder disebabkan oleh meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organic yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Produksi asam urat meningkat juga bisa disebabkan oleh penyakit darah ( seperti penyakit sumsum tulang, polisitemia), obat – obatan (alcohol, obat kanker, vitamin B12). Penyebab lainnya adalah obesitas (kegemukan), penyakit kulit (psotiasis), dan kadar trigliserida yang tinggi. Pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, biasanya terdapat kadr benda – benda keton (hasil buangan metabolisme lemak) yang meninggi. Benda – benda keton yang meninggi akan menyebabkan asam urat juga ikut naik.

Setiap orang dapat terkena penyakit asam urat. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala – gejalanya. Penyakid radang sendi akibat peningkatan kadar asam urat darah disebut dengan atritis gout atau antritis pirai.

Seseorang dikatakan menderita asam urat (gout) jika kondisinya memenuhi beberapa syarat dan biasanya perjalanan penyakitnya klasik sekali, seperti mempunyai gejala yang khas penyakit gout, ditemukan asam urat dengan kadar  tinggi dalam darahnya, dan hasil pemeriksaan mikroskopik dari cairan sendi atau tofus (benjolan asam urat) ditemukan kristal asam urat yang berbentuk jarum.

Umumnya, yang terserang asam urat adalah para pria, sedangkan perempuan persentasenya kecil dan baru muncul setelah menopause. Kadar asam urat kaum pria cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan usia. Pada wanita, peningkatan itu dimulai sejak masa menopause.

baca juga : Ini Dia! 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Selama perempuan mempunyai hormone esterogen, maka pembuangan asam urtnya ikut terkontrol. Ketika sudah tidak mempunyai esterogen, seperti saat menopause, barulah perempuan terkena asam urat.

Kesimpulan :

  • Penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuanya secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebih
  • Asam urat sebetulnya diperlukan tubuh untuk membentuk inti – inti sel. Namun yang diperlukan tubuh hanya sedikut. Sisanya dikeluarkan melalui usus (30%) san ginjal (70%). Tingginya kadar asam urat dalam darah disebabkan sintesis asam urat berlebihan, sedangkan ekskresi pada ginjal sedikit
  • Asam urat berlebih itu berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada jaringan lunak persendian. Terbentuklah endapan yang disebut topus. Akibatnya terjadi peradangan yang biasa disebut arthritis gout akut yang ditandai oleh rasa nyeri di persendian seperti lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan tangan.

Berapa Sih Kadar Normal Asam Urat?

Kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat ini normal disebut hiperurisemia. Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan, atau seseorang memiliki riwayat asam urat dan berdasarkan hasil pemeriksaan, tinggi asam uratnya di atas 7 mg/dl, dan semakin lama semakin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit gout itu semakin besar. Biasanya, 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit gout. Bila kadar asam urat tinggi, tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda – beda. Ada yang bertahun – tahun tidak muncul gejalanya sama sekali, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

baca juga : Praktekkan! Gerakan Yoga untuk Terapi Asam Urat

Sekarang bisa anda simpulkan apakah setiap ngilu di persendian adalah asam urat atau bukan.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *