Otot yang Bekerja Ketika Bersepeda

Posted on
otot bansolinc.com

Otot – Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati oleh milenial saat ini. Olahraga ini tidak mengenal batasan usia, ada dari usia balita, dewasa, bahkan lansia. Selama bisa dan mampu untuk bersepeda, orang yang senang bersepeda akan terus bersepeda. Selain olahraga yang menyenangkan ternyata olahraga bersepeda mempunya banyak manfaat.

baca juga : Mengenali Bagian – bagian di Sepeda

Menurut penelitian, bersepeda merupakan latihan kardiovaskular yang efektif untuk melatih kerja jantung, paru-paru maupun memperlancar sistem peredaran darah. Bersepeda juga mampu mengaktifkan sebagian besar otot pada tubuh Anda. Kerja otot akan semakin besar saat Anda mengayuh sepeda lebih cepat.

Bagi Anda yang memiliki masalah persendian pada sendi lutut, pinggul atau pergelangan kaki, bersepeda menjadi latihan yang memungkinkan untuk melatih jantung dan paru-paru tanpa memberikan tekanan tambahan pada sendi yang lemah atau cidera. Selain itu, bersepeda juga membantu tubuh untuk mencapai keseimbangan serta mengurangi rasa sakit di punggung.

baca juga : Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh

Otot tubuh bagian mana yang bekerja saat bersepeda?

  1. Quadriceps

Otot terbesar di kaki ini berada pada paha bagian atas dan bekerja saat kaki kita memanjang. Saat bersepeda, posisi kaki kita akan terus berputar, sehingga otot quadriceps ini akan terus terlatih. Dengan terus berputarnya otot makan lemak jenuh pada otot akan berkurang.

  1. Glutes

Glutes adalah otot yang berada di area pantat. Sama seperti otot quadriceps, otot glutes akan bekerja saat kaki memanjang.

  1. Hamstring

Otot Hampstring adalah otot yang berada pada posisi belakang kaki, tepatnya pada paha bagian belakang paha. Berbeda dari quadriceps, otot hampstring justru bekerja saat lutut tertekuk. Dan apabila terus dilatih maka resiko cidera bisa diminimalkan.

  1. Calves

Otot calves disebut juga otot betis, yang berada pada kaki bagian bawah. Otot ini akan bekerja saat kaki menunjuk ke arah bawah.

  1. Anterior Tibialis

Otot ini berada pada bagian depan tulang kering, dan bekerja saat kaki mengarah keatas. Saat mengayuh sepeda, kaki akan bergerak memutar dan menggerakkan otot calves dan anterior tibialis secara bergantian.

  1. Hip Flexors

Hip Flexors adalah otot yang berada pada perut bagian bawah, dan bekerja saat pinggul merenggang. Saat mengendarai sepeda, peregangan dan pengencangan otot berlangsung saat lutut mendekat dan menjauh.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan bersepeda, maka setidaknya ada 6 otot yang bekerja. Jika dilakukan terus menerus, maka otot-otot tersebut akan jadi lebih terlatih dan mendapatkan manfaat maksimal. Tentu otot akan semakin kuat serta resiko terhadap cidera akan kecil.

Lalu tunggu apa lagi? Yuk beli sepeda dan perlengkapannya sekarang juga, dan mulai kayuh sepeda Anda! Dan jangan lupa selalu jaga keamanan Anda dalam bersepeda.

baca juga : Perhitungkan!! Menentukan Jenis Rem Hidraulik dan Harganya

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih.

One thought on “Otot yang Bekerja Ketika Bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *