Pemanasan Statis dan Dinamis

Posted on

Halo Sobat Olahraga,

Olahraga adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan jika menginginkan kesehatan, kondisi tubuh yang prima dan mood yang baik. Banyak sekali macam dari olahraga yang bisa dilakukan, bisa in door maupun yang out door. Ada juga olahraga yang membutuhkan banyak tenaga atau juga olahraga yang ringan. Namun jangan lupa, setiap anda melakukan olahraga awali dengan pemanasan yang cukup. Kenapa harus pemanasan? supaya otot di tubuh tidak kaget dengan banyaknya kegiatan yang akan dilakukan dalam olahraga. Pemanasan yang maksimal bisa memperkecil kemungkinan untuk cidera, terutama cidera otot.

Pada intinya pemanasan adalah menggerakkan otot yang kaku untuk disiapkan dalam melakukan gerak yang lebih berat dalam olahraga.

Banyak yang menyebut pemanasan Statis dan Dinamis. Namun ternyata banyak juga yang tidak mengetahui apa itu pemanasan statis dan dinamis. Di dalam artikel ini akan saya jelaskan sedikit tentang pengertian pemanasan statis dan dinamis dari beberapa sumber.

Baca juga : 24 Cara Menguatkan Otot Paha untuk Melatih Kuda – kuda

Pemanasan Statis

Pemanasan statis yaitu pemanasan dengan bentuk peregangan yang dilakukan mulai dari bagian tubuh atas menuju kebawah ( dari kepala sampai kaki ) atau sebaliknya. Pemanasan statis ini bertujuan untuk menyiapkan otot untuk melakukan kerja yang lebih berat agar tidak terjadi kram atau cedera otot yang lainnya. Pemanasan statis ini harus dilakukan dengan  benar agar otot benar – benar terulur sempurna dan untuk menghindari cedera yang disebabkan karena penguluran otot ng tidak sesuai dengan anatomi tubuh yang semestinya. Contoh pemanasan statis adalah : menengadahkan kepala sampai otot leher terasa terulur. menoleh ke kanan sampai otot terasa terulur. Meregangkan tangan sampai otot sekitar tangan terasa terulur, dll.

Pemanasan Dinamis

Pemanasan dinamis yaitu pemanasan yang dilakukan dengan menggunakan gerakan yang saling berkesinambungan atau saling berkaitan. Contok gerakan pemanasan dinamis yaitu gerakan menengokkan kepala kekanan dan kekiri, gerakan menekuk pendek – pendek panjang panjang pada tangan atai gerakan kombinasi yang lain. Pemanasan dinamis lebih familiar disebut ” Senam “.

Pemanasan Statis Dinamis

Pemanasan ini yaitu oenggabungan antara pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Pemanasan bentuk ini sangat efektif untuk mencegah atau memperkecil terjadinya cedera otot karena otot tidak hanya di ulur namun juga dilemaskan. Untuk sistemnya biasanya di awali dengan pemanasan bentuk statis kemudian dilanjutkan dengan pemanasan dinamis.

Biasanya setelah melakukan pemanasan secara Statis Dinamis untuk menambah kebugaran dan kesiapan tubuh untuk bergerak dalam suatu olahraga maka dilengkapi dengan jogging.

baca juga : Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh ).

Setelah badan terasa hangat dalam jogging barulah tubuh terasa siap untuk melakukan olahraga yang lebih spesifik lagi.

Dan jangan lupa gunakan perlengkapan olahraga sesuai kegunaan dan fungsinya, untuk menghindari cedera dan memaksimalkan hasil. Selamat berolahraga

 

 

Baca juga : Melatih Tendangan Kuat dan Cepat

 

Mengutip dari :

http://gustopobayu.blogspot.co.id/2012/03/makalah-pemanasan-olahraga.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *