Pendakian ke Puncak Gunung Slamet 3.428 via Bambangan

Posted on

Halo Sobat traveller, Saya akan bercerita sedikit tentang perjalanan saya ke Gunung Slamet. Bagi sobat hikers, ada satu puncak yang perlu Sobat Hikers taklukkan. Puncak itu adalah Gunung Slamet. Perlu diketahui terlebih dahulu Gunung Slamet merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawah Tengah dan Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi ke 2 di pulau Jawa dengan ketinggian 3.428 mdpl setelah Gunung Semeru. Jadi sebelum Sobat Hikers melakukan pendakian jangan lupa persipakan terlebih dahulu keperluan yang harus dibawa selama pendakian berlangsung. Tentu tidak kalah penting siapkan kondisi fisik yang prima untuk menempuh medan pendakian yang cukup lumayan ini. Ya untuk Sobat Hikers yang sudah lama tidak main fisik, mungkin sebelum pendakian lakukan pemanasan dengan joging atau yang lain.

Menurut kebanyakan orang sih Gunung Slamet dikenal angker dan banyak menyimpan cerita mistis, tapi stay positif thinking aja dah 😀 selama kita tidak melanggar aturan dan niat kita baik. Gunung Slamet terletak  di 5 Kabupaten diantaranya Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Dengan begitu terdapat beberapa jalur yang bisa dilalui untuk mendaki Gunung Slamet.

 

Beberapa jalur pendakian Gunung Slamet :

  • Via Bambangan – Purbalingga
  • Via Baturaden – Purwokerto
  • Via Guci – Tegal
  • Via Kalidawas – Brebes
  • Via Kaligua – Bumiayu
  • Via Dukuhliwung – Tegal

Pada waktu liburan semester ganjil menuju genap  pada tahun 2018, Saya ditawarin oleh teman Saya untuk ikut mendaki ke Gunung Slamet, tentu secara otomatis tanpa berpikir panjang Saya meng iyakannya. Saya begitu mencintai keindahan pemandangan dari atas gunung. Karena pemandangan di atas tentu menyajikan pemandangan yang tak seperti biasanya. Yang tidak kalah yaitu udara puncak pegunungan yang begitu alami. Belum tercampur dengan polusi yang ada di perkotaan. Ya sejenak meninggalkan kebisingan kota dan menikmati suasana tenang di puncak gunung.

Untuk para Sobat Hikers yang berencana melakukan pendakian ke Gunung Slamet via Bambangan, Saya sedikit menginformasikan estimasi perjalanan yang akan Sobat Hikers lalui.

Estimasi pendakian Gunung Slamet :

Basecamp – pos 1 : 1 jam

Pos 1 – Pos 2 : 1 jam 30 menit

Pos 2 – Pos 3 : 1 jam

Pos 3 – Pos 4 : 40 menit

Pos 4 – Pos 5 : 50 menit

Pos 5 – Pos 6 : 20 menit

Pos 6 – Pos 7 : 30 menit

Pos 7 – Plawangan (batas vegetasi menurut saya :D) :45 menit

Plawangan – Puncak : 1 jam 14 menit

Ini ada sedikit video karya salah satu rombongan kami 😀

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *