jenis - jenis yoga bansolinc.com

Simak!! Jenis – jenis Yoga dan Manfaat Yoga

Posted on
jenis - jenis yoga bansolinc.com

“ Yoga itu sangat cocok untuk memberi kesejukan pada jiwa dan membuat badan terasa nyaman. Yoga dapat membantu mengolah otot – otot tubuh bagian terluar dan terdalam, sehingga menjadi lebih sehat. Tak hanya itu saja, yoga juga bisa membuat pikiran lebih jernih. Karena itu, yoga akan membantu seseorang untuk tetap berpikir positif. “ kata Josephine Ichihara, instruktur yoga dari “Rumah Yoga”.

Olahraga yoga tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, tapi juga bisa dilakukan oleh pria. Saat ini, banyak pria sudah mengikuti yoga karena mereka mulai menyadari khasiat yoga untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa yoga itu ada beberapa jenis. Secara garis besar, yoga ada 4 jenis yaitu : Karma yoga, bakti yoga, jnana yoga, dan raja yoga. Adapun mantra yoga, japa yoga, hatha yoga, kundalini yoga, kriya yoga, dan berbagai jenis yoga lainnya dikategorikan sebagai raja yoga.

JENIS – JENIS YOGA

  1. Karma Yoga

Karma yoga adalah yoga yang dilakukan melalui kehidupan tanpa pamrih. Para praktisinya tidak pernah mengeluh menghadapi masalah. Semua masalah dipandang sebagai akibat dari karma. Maka, harus diterima dan dihadapi. Konsep yoga ini banyak disalahpahami sebagai konsep hidup pasif. Padahal, konsep ini justru membawa manusia menjadi aktif dalam menghadapi kehidupan. Karma yoga mengajarkan pada manusia untuk menghadapai dan menyelesaikan persoalan, bukan melarikan diri dari persoalan. Sebagai orang yang berlatih yoga, maka persoalan apapun yang terjadi harus diterima, tidak melarikan diri. Melarikan diri bukan solusi, tapi justru menimbun persoalan dan membuat persoalan baru. Persoalan tidak akan pernah hilang, yang ada hanyalah penundaan dan penumpukan. Untuk menyelesaikannya, mau tidak mau, suka atau terpaksa, semua harus dihadapi.

  • Bhakti Yoga

Bhakti yoga adalah yoga yang dilakukan dengan berbakti kepada Tuhan YME, yaitu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Tuhan. Semuanya dilakukan dengan cinta, tanpa memiliki pamrih apapun. Mencintai ciptaan-Nya merupakan menifestasi dari mencintai Sang Pencipta. Cinta seorang bhakti yoga tidak membeda-bedakan ras, suku, bangsa, dan agama. Tidak membenci yang miskin, yang kaya, yang indah, yang buruk, yang pintar, yang bodoh. Semuanya dicintai, bahkan binatang, tumbuhan dn batu-batuan pun tidak luput dari kecintaan seorang praktisi bhakti yoga.

  • Jnana Yoga

Jnana yoga adalah yoga yang dilakukan dengan jalan pengetahuan. Praktisi yoga ini adalah para intelektual, dengan cara mengikis kebodohan manusia. Dengan terkikisnya kebodohan, maka manusia semakin pandai. Semakin pandain manusia, terhapuslah kemiskinan, ketidakadilan, dan kesewenangan. Dengan begitu, dunia semakin damai. Semua itu karena manusia tahu akan hakikat dirinya. Manusia yang tahu hakikat dirinya, maka di akan tahu hakikaat Tuhannya. Itulah tugas para praktisi Jnana Yoga

  • Raja Yoga

Raja Yoga adalah yoga yang dilakukan dengan cara mempraktikkan secara langsung tata cara pengendalian pikiran dan kesadaran indera – indera manusia. Raja yoga memuat berbagai disiplin fisik dan pikiran. Semuanya dilakukan dalam rangka menuju penyatuan seorang hamba dengan Tuhan. Hasil dari semua itu disebut pencerahan, manunggaling kawula Gusti (jawa), ma’rifatullah (islam). Apapun istilahnya, hal itu bukan suatu masalah yang patut diperdebatkan. Bagi praktisi yoga, yang penting adalah pelaksanaannya. Pada perkembangan selanjutnya, hanya raja yoga yang dikenal sebagai yoga saat ini.

MANFAAT YOGA

Manfaat yoga telah terbukti secara ilmiah untuk kesehatan tubuh kita. Penyakit – penyakit berat diyakini dapat dikontrol jika kita melakukan yoga dengan teratur. Waktu terbaik melakukan latihan ini adalah saat fajar atau larut malam. Dianjurkan dilakukan saat perut kita sedang kosong dan berada pada tempat yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik. Selain itu, lingkungan juga harus bebas dari segala gangguan, tidak berisik. Pakaian yang digunakan juga sebaiknya yang nyaman. Tidak perlu memakai alas kaki. Dan satu hal yang penting, yaitu jadikan latihan ini sebagai kebiasaan.

  • Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik

Manfaat yoga bagi fisik meliputi fleksibikitas (kelenturan), kekuatan, pengembangan otot, dan pencegah nyeri. Dengan melakukan gerakan – gerakan yang dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh, kelenturan, tubuh kita akan meningkat. Beberapa pose yoga juga mengharuskan kita menopang berat tubuh. Oleh karena itu, jika melakukan latihan dengan perpindahan dari satu pose ke pose lain, kekuatan kita ikut meningkat. Dengan peningkatan fleksibilitas dan kekuatan tubuh, tentu ini akan mencegah sakit punggung. Manfaat lain dari yoga secara fisik adalah pengencangan otot serta peningkatan dari massa otot.

  • Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Bentuk latihan ini memang menekankan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan konsentrasi yang tinggi, tentunya memiliki pengaruh positif terhadapa ketenangan pikiran. Taknik meditasi merupakan kunci dari penenangan pikiran. Hal ini dapat mengurangi dan mencegah terjadinya stress. Selain itu, jika kita melakukan yoga secara teratur, dapat meningkatkan kesadaran serta kesiagaan tubuh.

Bagaimana? Apakah anda mulai tertarik untuk berlatih yoga?. Semoga informasi kali ini bias bermanfaat untuk anda para pembaca. Terimakasih.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *