Simak !! Manfaat Bubur Kacang Ijo

Posted on
kacang ijo bansolinc.com

Bubur kacang ijo adalah makanan tradional yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun tergolong tradisional, namun terkadang bubur kacang ijo yang sudah di modifikasi bisa menjadi hidangan yang tergolong mewah. Menurut pakar gizi dan nutrisi, kandungan bubur kacang ijo sangat baik untuk kesehatan tubuh.

baca juga : Manfaat Sarapan dan Panduannya

Banyak sekali variasi cara menghidangkan bubur kacang ijo ini. Ada yang di campur ketan, ada yang di campur santan, ada juga di campur dengan ubi dan lain lain. Menikmati sarapan bubur kacang ijo yang murah meriah namun mendaparkan banyak manfaat dari kandungannya cocok di pagi hari  untuk sarapan atau siang hari sengan penyajian dingin bahkan malam hari untuk menambah kehangatan.

Melihat banyaknya kandungan di dalam bubur kacang ijo ini , maka bisa digolongkan sebagai makan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi terlengkap di bandingkan dengan olahan makanan yang lain. Bagi orang Indonesia bubur kacang ijo hanya sebagai jajanan saja, karena tidak cukup mengenyangkan. Terlepas dari itu, walaupun sekedar jajanan saja tapi memiliki kandungan dan manfaatnya yang sangat luar biasa.

Apa sih manfaat bubur kacang ijo bagi kesehatan kita?

Inilah manfaat bubur kacang ijo bagi kesehatan :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan Zat besi, Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Kalium, Potassium, dan Magnesium yang terdapt dalam semangkuk bubur kacang ijo bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah dengan baik. Dan juga didalamnya terdapat Flanoid dan Antioksidan yang sangat tinggi, kedua kandungan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang terbukti sangat aktif mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Beberapa temuan dari para ahli nutrisi bahwa kandungan Omega 3, Omega 6 dan zat besi terbukti sangat bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah (HDL).

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Karotenoid yang yerdapat di dalam kacang ijo berfungsi aktif mencegah degenerasi macula yaitu penurunan kemampuan mata. Selain itu, senyawa Lutein dan Zeaxanthin memiliki peranan penting dalam mencegah stress pada saraf dan otot bagian internal mata.

4. Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Kombinasi antara kalsium, fosfor, zink dan zat besi yang terdapat dalam bubur kacang ijo sudah dipastikan sangat baik dalam menjaga kesehatan sendi dan tulang.

5. Mengatasi Anemia

Kacang ijo termasuk jenis kacang – kacangan yang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi inilah yang sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kurang darah (Anemia).

6. Sangat baik untuk ibu Hamil

Kacang ijo dapat memperkuat imunitas dari sang ibu. Selain itu Mengkonsumsi bubur kacang ijo sangat bermanfaat untuk kesehatan janin.

Menurut seorang ahli Gizi dari RSAL, Surabaya Dr. Ramelan M.Sc M.D : Bagi janin ibu, vitamin B (kandungan bubur kacang ijo) sangat bermanfaat dalam mengatur pembentukan sel – sel saraf bayi. Sedangkan kandungan zat besi yang terkandung pada bubur kacang ijo dapat meningkatkan produktifitas sel – sel darah merah yang sebelumnya berkurang ketika proses melahirkan.

7. Sangat cocok untuk Program Diet

Bubur kacang ijo terbukti efektif mengatasi kegemukan dengan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Ini di karenakan karakter yang rendah lemak dan kaya akan serat.

8. Menjaga kesehatan Lambung dan Usus

Santan putih yang dijadikan sebagai campuran memiliki kandungan asam laurat yang mempunyai kemampuan untuk dijadikan pengganti sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur dan anti mikroba. Dengan menkonsumsi bubur kacang ijo secara rutin bisa menyehatkan lambung dan usus.

9. Menangkal racun dalam tubuh

Dari sebuah hasil riset yang telah di kemukakan dalam Journal Medicine of Healthy Food bahwa biji kacang ijo memiliki kemampuan Detoxification effect ( lebih dikenal detox = membuang racun dalam tubuh ) yang terbilang sangat efektif dan sangat efisien sehingga bisa diandalkan untuk menyembuhkan penyakit – penyakit kronis dan dapat di jadikan sebagai penawar masalah – masalah peradangan.

10. Menurunkan Nyeri sendi

Bubur kacang ijo yang biasa di campur dengan santan putih sangat efektif dalam mengurangi dampak nyri sendi atau radang sendi. Ini di sebabkan karena kandungan Selenium dan Magnesium yang berada di dalam santan putih merupakan zat anti oksidan terbaik.

baca juga : Langkah mudah Melindungi Lutut dari Cedera

11. Meningkatkan konsentrasi

Vitamin B1 yang bercampur dengan protein, zat besi, fosfor dan karbohidrat yang terkandung dalam bubur kacang ijo mampu menghasilkan rangsangan terhadap system sel – sel di seluruh organ tubuh, sehingga otot saraf akan bangkit aktif menjadi lebih fit. Dengan begitu maka focus dan konsentrasi akan meningkat.

12. Menyehatkan rambut dari dalam

Beberapa studi menyebutkan bahwa kandungan protein, potassium, magnesium dan zink yang terdapat dalam santan putih sebagai campuran terbukti sangat baik menjaga kesehatan rambut dan kuku. Selain itu juga mampu menutrisi rambut mulai dari akarnya sampai ujung rambut sehingga rambut akan nampak lebih kuat lebih hitam dan sehat.

13. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat fiber dan potassium yang cukup tinggi pada kacang ijo telah terbukti secara ilmiah memiliki fungsi sebagai pencahar dan pelindung selaput lender yang terdapat dalam organ usus besar. Sehingga hal tersebut dapat membantu melancarkan system pencernaan dan mencegah timbulnya sembelit ( susah buang air besar)

14. Mengurangi efek PMS

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B6, vitamin B dan folat.

Bagaimana? Luar biasa bukan manfaat dari bubur kacang ijo. Jangan lewatkan banyak manfaatnya dengan harga yang sangat terjangkau ini.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *