Tehnik Dasar Dalam Berenang dan Macam – macam Gaya Berenang

Posted on

Teknik Berenang – Manusia sudah mengenal dan berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku tentang  renang yang pertama kali, Dialog mengenai Seni Berenang  atau Perenang  (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).

baca juga : 10 Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Perlombaan berenang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800- an  setelah dibangunnya kolam-kolam renang di berbagai tempat. Sebagian besar peserta waktu itu berenang lebih cenderung berenang dengan  gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen pertama kali memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas yang berasal dari suku Indian di Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru dalam cabang perlombaan renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation (FINA) didirikan  pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah satu variasi dari gaya dada dan kemudian diterima sebagai suatu gaya renang yang dilombakan tersendiri pada tahun 1952.(wikipedia)

 baca juga : Pemanasan Statis dan Dinamis

Tehnik Dasar dalam Berenang

Tehnik Pernafasan

Bisa dibilang teknik pernafasan adalah teknik yang sangat penting dalam berenang. Berenang memang identik dengan menahan nafas dalam air. Tapi sebelum melakukan teknik pernafasan, sangat diwajibkan untuk melakukan pemanasan dulu.

Pemanasan ini berguna untuk melemaskan agar otot-otot tidak kaku saat berenang. Berikut ini langkah-langkah teknik pernafasan ketika berenang.

  • Berdirilah di pinggir kolam dengan dan wajah berada di permukaan air.
  • Tarik nafas melalui mulut lalu tahan beberapa saat.
  • Setelah itu masukan kepala ke dalam air. Usahakan membuat gelembung dengan cara mengeluarkan sedikit demi sedikit udara tadi lewat mulut atau hidung. Fungsi membuat gelembung ini agar nafas tidak cepat habis dan ngos-ngosan.
  • Tahan sekitar 15 hingga 20 detik. Lakukan hal ini hingga kita terbiasa dan menenukan irama saat mengambil nafas dan mengelurkan nafas dalam air.

Teknik pernafasan ini sangat berguna ketika berenang agar ketika berenang bisa menghemat tenaga, nafas dan tidak cepat ngos-ngosan. Jika kita salah mengambil nafas maka saat berenang akan mudah lelah, lebih bahaya lagi saat bernafas itu air masuk ke hidung atau tertelan ke dalam mulut.

walpaperhd99.blogspot.co.id

Tehnik Meluncur

Teknik selanjutnya yaitu meluncur, teknik ini sangat penting karena hampir seluruh gaya dalam renang terdapat gerakan meluncur. Apabila tidak bisa meluncur maka dalam latihan gaya berenang pun akan lebih sulit lagi.

Meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal, gerakan ini berada dibawah permukaan air. Teknik ini memerlukan ketengangan dan keseimbangan, karena jika tidak seimbang maka badan tidak akan berada di permukaan atau tenggelam. Berikut ini teknik meluncur ketika berenang

  • Berdirilah pada pinggir kolam dan posisikan badan kita membelakangi dinding kolam. Usahakan pada kolam yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam pula.
  • Tempelkan salah satu telapak kaki yang kanan atau kiri pada dinding kolam. Posisikan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan ketika meluncur.
  • Dorong badan dengan kaki, lalu meluncurlah sejauh mungkin. Posisi tangan berada di depan sejajar satu sama lain, posisi kepala harus masuk kedalam air dan posisi kuping sejajar dengan lengan tangan.
  • Lakukan gerakan tersebut sebanyak 15 hingga 20 kali percobaan hingga badan terasa seimban serta berada pada permukaan dan tidak tenggelam.

Apabila teknik meluncur ini sudah dikuasai dengan benar, maka akan mempermudah dalam mempelajari macam gaya renang. Jika pada kolam yang sedang sudah terbiasa, maka cobalah meluncur pada kolam yang lumayan dalam agar lebih terbiasa.

materi-sekolah.com

Tehnik Mengapung

Teknik terakhir yang harus dikuasai adalah menpung atau mengambang. Pada teknik ini kalian dilatih agar tubuh bisa mengambang atau mengapung, gunanya agar tidak tenggelam ketika berenang.

Pada dasarnya gerakan ini berupa tubuh yang melayang-layang di bawah permukaan air dan kepala tetap berada di atas permukaan air serta dorongan tangan dan kaki sebagai penyeimbang agar pisisi badan tetap terjaga.

Teknik mengapung ini tebagi menjadi dua jenis, yaitu teknik mengapung secara lurus vertical dan teknik mengapung secara terlentang. Simak penjelasannya teknik mengapung dibawah ini

1. Mengapung telentang

Untuk berlatih teknik ini diperlukan latihan yang cukup sering, karena mengapung di dalam air memerlukan ketenangan serta latihan yang serius. Berikut langkah-langkah teknik mengapung secara terlentang.

  • Menarik tubuh ke belakang hingga kedua telinga terendam air.
  • Kedua tangan direngangkan hingga membentuk siku-siku dan pergelangan tangan tetap lurus. Usahakan tangan dalam keadaan rileks.
  • Telapak tangan ditekan ke bawah secara bergantian atau bersamaan sehingga tubuh tetap melayang dalam air.
  • Kedua kaki digerakan hingga menyerupai huruf V.
  • Lakukan gerakan diatas hingga lancar dan mampu bertahan di air selamat beberapa menit.

Pada awal-awal cobalah latihan di pinggir kolam sebagai pemanasan, jika sudah cukup lancar dan seimbang maka cobalah ke kolam yang lebih dalam untuk melatih keberanian.

kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.co.id

2. Mengapung horizontal

Gerakang mengapung secara lurus adalah teknik yang paling sering digunakan, karena hampir setiap macam gaya dalam berenang menggunakan teknik ini. Gerakan ini berdasar pada posisi tubuh yang berada dibawah permukaan air dan kepala tetap berada di atas air. Biasanya kepala hanya sebatas sampai dagu.

Berikut ini langkah-langkah teknik mengapung secara lurus horizontal.

  • Tangan dan kaki tetap digerakan untuk memberikan keseimbangan agar tubuh tetap melayang di permukaan air.
  • Gerakan tangan dengan meregangkan kedua tangan hingg membentuk siku-siku. Usahakan pergelakan tangan tetap rileks dan lurus.
  • Beri jarak antara kedua kaki lalu dorong telapak kaki ke bawah secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini hingga kalian dapat menapung beberapa menit di air.

Untuk mempermudah gerakan ini bisa digunakan di pinggir kolam dengan menggunakan pengangan besi sebagai bantuannya. jika sudah terbiasa dan seimbang, cobalah mencoba ke kolam yang lebih dalam untuk melatih keberanian kalian.

edukasicenter.blogspot.co.id

Macam – macam Gaya Berenang

  1. Gaya Dada

Gaya Renang dada adalah sebuah teknik renang yang mirip dengan katak saat berenang, sehingga gaya ini juga disebut dengan gaya katak. Untuk kecepatan gaya dada lebih rendah dibandingkan dengan gaya bebas, namun gaya ini cocok untuk orang yang ingin berenang secara santai. Teknik gaya dada ini berada dikekuatan tangan dan kaki untuk mendorong badan ke depan, pada gaya ini juga diperlukan kemampuan tangan untuk mendorong kebawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

Berikut ini langkah langkah atau cara berenang gaya katak atau gaya dada :

  1. Berposisi tengkurap
  2. Tekuk kaki kedalam, lepaskan ke samping dengan lebar, lalu luruskan.
  3. Berenang bisa dimulai dari tepi kolam dengan kedalaman sedang dan masih bisa dibuat berdiri sekitar 1,2 meter.
  4. Tangan seperti mendayung kesamping, keluar ke depan, kemudian diluruskan.
  5. Saat tangan keluar ke depan diikuti dengan pengambilan napas dengan cara mendongakkan kepala ke atas.
  6. Pada gaya katak, pengambilan napas dilakukan satu kali dalam dua kayuhan tangan.

Silahkan lihat gambar untuk teknik lebih jelasnya.

perpustakaan.id
  1. Gaya Bebas

Renang Gaya Bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat. Meskipun disebut dengan gaya bebas, teknik renang gaya bebas ini juga mempunyai aturan. Pada saat melakukan gaya ini posisi badan berada di atas permukaan, tangan mengayuh kedepan sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting. Untuk teknik pengambilan nafas adalah saat tangan diangkat keatas untuk mengayuh kemudian kepala digelengkan kesamping kanan atau kiri setelah itu lakukan penarikan nafas bisa dengan mulut atau hidung.

Berikut ini arahan dalam berenang gaya bebas :

  1. Berenang dengan posisi tengkurap
  2. Gerakkan kaki keatas dan kebawah secara terus menerus.
  3. Setelah kaki sudah benar maka mulai belajar menggerakkan tangannya.
  4. Gerakan tangan gaya bebas yaitu menggerakkan tangan satu per satu kesamping seperti mendayung. Muka mendongak kesamping sambil menghirup udara untuk bernapas.
  5. Setelah samping kanan, lakukan gerakan tangan yang sama disamping kiri.
perpustakaan.id
  1. Gaya kupu – kupu

Renang Gaya Kupu Kupu adalah teknik renang yang didapat dari pengembangan gaya dada, pada teknik dasar renang gaya kupu kupu yang harus dimiliki adalah kekuatan lengan. Karena gaya kupu kupu mempunyai pusat kekuatan pada lengan, untuk gerakannya dapat seperti lumba lumba yang masuk kedalam air kemudian keluar saat tangan didorong kebawah. Sedangkan kaki lurus rapat ikut bergerak sesuai alur gerakan badan. Gaya renang kupu kupu ini juga disebut dengan gaya lumba lumba, untuk kecepatannya memang lebih cepat daripada gaya bebas. Namun untuk melakukannya harus dengan tenaga yang lebih ekstra besar. Untuk melihat lebih jelas bagaimana cara melakukan gaya renang kupu kupu,

Berikut ini langkah gaya kupu kupu :

  1. Berenang dengan gaya tengkurap
  2. Kaki digerakkan dengan membentuk cekungan kemudian dihentakkan keatas.
  3. Tangan bergerak seperti kupu kupu terbang. Menghentak ke depan,  kemudian di dayung kedalam.
  4. Gerakkan tangan dan kaki secara bergantian, dengan aturan satu gerakan tangan untuk dua gerakan kaki

Lebih jelasnya perhatikan pada gambar

  1. Gaya Punggung

Gaya Renang Punggung adalah teknik renang dengan posisi badan terlentang melihat keatas, sedangkan punggung berada dipermukaan air. Untuk gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, namun arahnya berlawanan. Untuk teknik pengambilan nafas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja, karena wajah berada diatas air dan menghadap ke atas.

forumarabia)
  1. Gaya Anjing

Gaya Renang Anjing adalah teknik berenang yang memiliki gerakan seperti Anjing berenang di Air, posisi kepala berada diatas air sedangkan kaki dan tangan melakukan gerakan seperti anjing melakukan renang. Oleh karena itu gaya ini disebut gaya Anjing.

fjaquosswimming.blogspot.com

 

  1. Gaya Samping

Gaya renang samping adalah teknik gaya renang yang menggunakan sisi samping bagian tubuh. Gaya ini tidak diperlombahkan dalam kompetisi resmi renang, sehingga jarang orang yang mengetahui gaya ini, namun jika kita melatih gaya ini maka dapat menambah skill atau kemampuan kita untuk variasi berenang.

portalrenang.com

 

 

Semoga artikel Tehnik Dasar dalam Berenang dan Macam – macam Gaya Berenang ini bisa bermanfaat.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lainnya.

Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *