10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib di Kunjungi bagi Para Traveller

Posted on

Wisata pantai tentu menyuguhkan keindahan tersendiri. Banyak para traveler sengaja pergi ribuan kilometer hanya untuk mencari pemandangan dan suasana pantai idamannya. Gabungan antara keindahan alami pantai dari ombak, batu karang, pasir serata keindahan yang lain. Tak sedikit para traveler sengaja bermalam di pa ntai untuk menikmati suasana pantai.

Di Indonesia terdapat ribuan pantai. Tentu saja karena Indonesia memang negara yang terdiri dari kepulauan. Ya sudah sewajarnya bila Indonesia memiliki ribuan pantai. Sudah banyak pantai di Indonesia yang viral di media sosial ada pula yang belum, ada yang sudah ramai di kunjungi wisatawan, ada juga yang masih begitu alami. semuanya lengkap di Indonesia.

Baca juga : Harga Tiket masuk Pantai Parangtritis Bantul Jogjakarta

Kali ini saya akan berbagi pengalaman Saya pergi ke pantai yang ada di Gunungkidul. Ada beberapa alasan kenapa Saya begitu mencintai pantai di Gunungkidul, tak hanya karena keindahan yang tak di ragukan tapi harga tiket dan makanan yang sangat terjangkau serta akses jalan menuju ke lokasi wisata tergolong baik.

Di Gunungkidul ada banyak pantai yang bisa menjadi destinasi wisata Anda para traveller. Tapi kali ini ada 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib di Kunjungi bagi Para Traveller . Kenapa Saya bilang wajib, ya karena keindahan pesona pantai disini begitu di sayangkan kalau kita hanya menikmati dari gambar saja.

  • Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Untuk masuk ke Pantai Baron ini anda akan dimintai retribusi sebesar Rp5.000, tidak mahal bukan? Dan untuk biaya parkir mobil atau motor hanya berkisar Rp1.000 sampai Rp3.000. Dengan biaya yang seperti itu namun panorama yang disajikan di Pantai Baron masih tergolong alami dan sangat indah. Di Pantai Baron ini anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain basah-basahan di laut, tidak perlu khawatir dengan ombak yang besar karena pihak pengelola sudah memberikan pembatas untuk menandai Wilayah manakah yang boleh digunakan untuk bermain. Ya masih tergolong amanlah karena ombak di sini tidak terlalu tinggi karena pantainya agak menjorok ke dalam. Dan bagi para peselancar ombak di sini juga sudah lumayan untuk menambah kebahagiaan bagi para peselancar.

  • Pantai Drini

Pantai Drini terletak di desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul. Yang istimewa dari pantai ini adalah ada sebuah pulau kecil berada tidak jauh dari pantai. Dia dikelilingi oleh air laut dan seolah-olah membuat Pantai Drini terbelah menjadi dua. Namun Pulau ini tidak bisa dikunjungi ketika air sedang pasang. Di sisi Timur pantai terdapat barisan tebing yang berdiri kokoh seperti benteng yang menghadang ombak dipadukan dengan keindahan Pulau Karang. Airnya pun tenang disini dan juga ada penyewaan Kano yang bisa anda gunakan untuk bermain air di sini dan. Di sisi barat Anda bisa melihat jajaran perahu bercadik berlayar untuk mencari ikan. Ombak di sini tergolong lebih besar dan tergolong ganas namun ya semuanya sudah dipastikan ada garis pengaman yang diberikan oleh pihak pengelola.

  • Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu pantai yang sangat indah untuk snorkeling yang banyak diminati di Pulau Jawa. Di pantai Sadranan juga terdapat penyewaan yang dikenal nama “Sadranan snorkeling” untuk Anda yang hobi menyelam di pantai. Pantai Sadranan merupakan rumah bagi beberapa spesies laut menarik seperti ikan lepu, kerondong, botana kuning, lepe-lepe, areng-areng, ikan neon dan masih banyak spesies lain yang menunggu kedatangan Anda. Begitu menawan dan sangat indah pemandangan di bawah laut di pantai ini. Waktu terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi hari atau siang atau sore menjelang matahari terbenam.

  • Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang kental dengan cerita mistis. Kisah mistis tersebut adalah Kisah tentang Prabu Brawijaya V. Pantai Ngobaran rutin di gunakan untuk upacara adat masyarakat sekitar. Ada banyak spot menarik bagi traveler untuk mengabadikan kunjungan Anda di Pantai Ngobaran. Di Pantai Ngobaran terdapat bukit karang, tempat pemujaan dan patung dewa. Dan jangan lupa, di Pantai Ngobaran ada satu kuliner yang sudah tersohor, yaitu ” Landak Goreng “. Bagi Anda para traveler jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner ini.

  • Pantai Siung

Pantai Siung sangat terkenal karena ada medan untuk panjat tebing disini. Di pantai ini telah berdiri megah batu karang raksasa di sebelah barat dan sebelah timur. Saat ini pantai siung memiliki 250 jalur panjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda beda. Para traveler bisa memilih mana jalur panjat tebing yang akan Anda taklukkan. Karena banyaknya jalur panjat tebing disini sehingga pantai siung sering di sebut ” The best rock climbing site in Jogja”. Ketika Anda sampai di puncak, Anda akan di suguhi pemandangan laut lepas yang pain dari biasanya.

  • Pantai Kesirat

Pantai Kesirat berbeda karakter dengan pantai yang lain. Disini tidak ada keindahan pasir pantai yang membentang. Pantai ini di dominasi dengan batu karang yang kokoh dan deburan ombak yang kencang yang menghantam karang. Bari para traveller yang hobi camping, maka disini tempat yang cocok. Suasana pantai yang masih sepi sangant cocok untuk bercengkerama bersama teman – teman sambil menikmati matahari terbenam yang indah.

  • Pantai Jogan

Pantai Jogan mempunyai perpaduan keindahan air terjun dan pantai. Air terjun di Pantai Jogan langsung terjun ke laut. Selain Anda menikmati keindahan pantai dan deburan ombak, Anda juga bisa menikmati kesegaran yang di hadirkan dari air terjun. Sayangnya keindahan Pantai Jogan belum banyak terjamah manusia, jadi ya masih sepi disini.

  • Pantai Krakal

Pantai Krakal tak kalah pamor dengan Pantai Baron. Pantai Krakal juga cukup terkenal di jajaran pantai di Gunungkidul. Pantai Krakal memiliki perpaduan keindahan pasir putih dan batu karang yang ada di bibir pantai. Di antara batu karang Anda bisa melihat keindahan ikan di dalam jernihnya air. Ombaknya pun juga bisa untuk Anda yang hobi berselancar.

  • Pantai Indrayanti

Pantai ini tampak lebih terawat dari pantai yang lain. Lingkungan yang lebih bersih tentu menyajikan pemandangan yang memanjakan mata Anda. Di Pantai Indrayanti ini ada juga bisa menikmati wahana yang di sediakan pengelola yaitu jet ski. Di Pantai Indrayanti juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk menikmati indahnya sore dan matahari terbenam. Anda juga bisa menikmati berjalan di pinggir tebing sambil menikmati Samudera Hindia yang biru.

  • Pantai Glagah

Pantai Glagah lebih unik daripada pantai yang lain. Pantai ini lebih landai dan datar. Di sekitar pantai juga berdiri bukit karang yang kokoh. Karena permukaan datar di pantai ini, disini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan. Di pantai ini juga menyajikan Laguna yang jarang dimiliki oleh pantai – pantai yang lain. Suasana sore disini juga sangat nyaman untuk kita nikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *