hepatitis bansolinc.com

Waspada!! Ketahui Gejala HEPATITIS Sebelum Menjadi Kronis

Posted on
hepatitis bansolinc.com

Hepatitis merupakan gangguan pada hati yang berupa peradangan. Gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja jika dia tidak menjaga pola hidup dan pola makan dengan baik. Sebagian hepatitis disebabkan oleh virus serta racun yang ditimbulkan oleh alcohol, obat-obatan, dan zat kimia lain. Meskipun obat yang dikonsumsi cenderung aman namun jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, terutama pada hati dan ginjal.

baca juga : Jangan Asal Makan !! Baca Bahan Makanan Bagi Penyandang HEPATITIS

Tanda – tanda saat seseorang terserang penyakit hepatitis biasanya tubuh mudah lelah, lemas, ulu hati terasa sakit. Jika tidak segera mendapat penanganan, maka kondisi tubuh bisa semakin lemah serta timbul rasa mual dan mau muntah.

Ketika menjumpai satu atau beberapa tanda tersebut, sebaiknya memang segera memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes ke laboratorium untuk memastikan ada atau tidaknya virus hepatitis di dalam tubuh. Pengobatan bisa segera dilakukan apabila telah tampak gejala datangnya penyakit hepatitis tersebut.

Ada beberapa Virus penyebab HEPATITIS, berikut ini penjelasannya :

Jenis VIRUS Penyebab HEPATITIS

  • Hepatitis A

Virus Hepatitis A biasanya menular melalui makanan dan air. Kebersihan diri dan lingkungan sekitar menjadi benteng pertahanan terhadap VIRUS HEPATITIS A

  • Hepatitis B

Virus Hepatitis B banyak menjadi penyakit menahun yang kemudian berkembang menjadi sirosis ( kanker hati ). Virus ini menular melalui darah, (transfuse darah), hubungan seksual, dan dari ibu ke bayi dalam kandungannya.

  • Hepatitis C

Virus Hepatitis C bisa menular lewat jarum suntik. Pada hepatitis C yang menahun bisa menyebabkan sirosis hati yang kemudian berkembang menjadi kanker hari

  • Hepatitis D

Virus Hepatitis D menyerang orang yang telah terinfeksi hepatitis B. Kemudian, jika seseorang telah terserang hepatitis B sekaligus hepatitis D, kemungkinan akan mengalamisi hati.

  • Hepatitis E

Seperti Hepatitis A, Hepatitis E terjadi akibat sanitasi lingkungan yang buruk, sehingga penularan terjadi melalui kotoran dan makanan yang kotor. Penderita biasanya cepat sembuh, asalkan dirawat dengan baik. Hepatitis E jarang berkembang menjadi penyakit kronis, kecuali pada ibu hamil, terutama dengan usia kandungan 3 bulan terakhir, bisa menjadi kronis karena energy dan antibody ibu digunakan untuk perkembangan bayi. Penangkal penyakit ibu sedang dalam keadaan minimal saat itu.

Gejala Penyakit Secara Umum

Menurut gejalanya penyakit hepatitis dibagi menjadi dua macam, yaitu HEPATITIS AKUT dan HEPATITIS KRONIS. Adapun HEPATITIS AKUT merupakan gejala hepatitis yang timbul secara cepat, tajam, dan meyakitkan namun biasanya bisa di sembuhkan dalam waktu yang tidak begitu lama. Sedangkan HEPATITIS KRONIS memiliki gejala yang tidak terlalu menyakitkan namun dialami selama berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun oleh penderita.

Hepatitis akut bisa saja bergerak menjadi hepatitis kronis tergantung system kekbalan tubuh penderita. Jika kekeblan tubuh cukup baik biasanya kurang dari 6 bulan virus hepatitis sudah dapat teratasi, dan penderita terbebas dari penyakit ini. Namun, jika lebih dari 6 bulan cek laboratorium masih menunjukkan adanya virus, maka hepatitis beranjak menjadi kronis.

GEJALA UMUM :

  1. Nyeri perut dan persendian
  2. Gatal di persendian
  3. Sering merasa kelelahan padahal tak banyak beraktivitas
  4. Tubuh menjadi lemah dan tidak nafsu makan, diikuti oleh penurunan berat badan
  5. Ulu hati terasa sakit dan sering mual
  6. Mata terlihat buram kekuningan
  7. Mudah timbul memar dan pendarahan.

Tips Pola Hidup dan Pola Makan Sehat untuk Mencegah dan Pemulihan HEPATITIS:

  • Membiasakan pola hidup bersih.

Menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Sanitasi buruk babnyak menjadi sebab terjangkitnya hepatitis, terutama Hepatitis A dan E.

  • Memilih tempat makan dan makanan yang bersih.

Kebiasaan jajan di luar rumah dengan kondisi tempat serta makan yang kurang higienis sering menjadi penyebab terjangkitnya virus hepatitis.

  • Memilih kehidupan seksual yang sehat dengan pasangan masing-masing yang resmi.
  • Tidak menggunakan obat-obatan bebas secara berlebih (missal obat sakit kepala, flu dan lain-lain), juga tidak menggunakan obat-obatan terlarang/narkoba.
  • Vaksinasi sesuai dengan jenis virus hepatitis yang akan dicegah.

Buat yang mau menikah, ibu hamil dan bayi biasanya mendapat vaksinasi hepatitis B. Sementara, vaksinasi hepatitis A perlu dilakukan bagi mereka yang akan melakukan perjalanan ke tempat dengan sanitasi lingkungan buruk, atau bahkan akan tinggal di lingkungan kurang bersih.

  • Menjaga pola makan rendah lemak untuk memulihkan kondisi setelah sembuh dari penyakit hepatitis.

baca juga : Awas!! Hindari Bahan Makanan Ini Untuk Penyandang HEPATITIS

Demikian sedikit penjelasan apa itu , jenis – jenis virus HEPATITIS dan Gejala Umumnya, serta Tips Pola Hidup dan Pola Makan untuk mencegah atau pemulihan . Semoha artikel ini bermafaat.

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *