WhatsApp 14 Tips and Trik

Posted on

Halo milenial, mungkin akhir – akhir ini Kamu sedang keranjingan bikin stiker WhatsApp? Memang fitur baru ini mengasyikkan dan lumayan menghilangkan kebosanan, tapi ada pula tips dan trik WhatsApp lain yang seru. Mungkin saja ada yang Kamu belum tahu.

Untuk itu, kali ini kami mencoba merangkum sejumlah tips dan trik WhatsApp yang bisa kamu coba dan semoga membantu. Mulai dari menunjukan status ke sosok-sosok tertentu saja, membungkam semua anggota grup (jika kamu jadi admin), penggunaan emoji hati yang spesial, sampai ketika mau ganti nomor ponsel.

Oke langsung aja simak tips dan trik WhatsApp berikut ini:

1. Agar status tak terumbar atau cuma dilihat orang tertentu

Sering kali seseorang mengungkapkan isi hari dengan membuat status di WhatsApp, mungkin ada kalanya kamu merasa tak perlu status itu terumbar ke semua kontakmu di WhatsApp. Atau justru ingin agar status itu cuma bisa dilihat oleh orang tertentu saya missal di “doi” atau sahabat. Ternyata keinginan Kamu bisa lho terwujud. Begini caranya.

Masuk ke Settings > Account > Privacy > Status
Di sini akan ada tiga opsi:
– My contacts: statusmu bisa dilihat semua orang di kontak WhatsApp
– My contacts except: ada orang-orang tertentu yang tak bisa melihat kontakmu
– Only share with: cuma orang tertentu yang bisa melihat statusmu

 

 

 

 

2. Sembunyikan foto profil

Untuk menjaga privasi, di WhatsApp ada pula opsi lain selain menyembunyikan status di antaranya untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profilmu dan last seen. Begini caranya :

Masuk ke Settings > Account > Privacy
Di sini akan ada sejumlah menu, di antaranya:
– Last seen: info last seen dirimu terlihat oleh siapa saja.
– Profile photo: opsi mengenai kemunculan foto profilmu terlihat oleh siapa saja.

 

 

 

Masing-masing opsi yang ada adalah semua orang (Everyone), orang-orang yang ada dalam kontakmu saja (My contacts), atau tidak satu orang pun (Nobody). Artinya, foto profilmu bisa saja tersembunyi dari orang tertentu.

3. Tanpa centang biru

Lazimnya satu centang abu-abu menandakan pesan sudah terkirim, dua centang abu-abu penanda pesan sudah masuk ke perangkat yang dituju, dan centang biru menginformasikan pesan sudah terbaca.

Namun ada cara agar tidak centang biru tidak muncul melainkan sekadar centang abu-abu saja. Begini caranya :

Masuk ke Settings > Account > Privacy
Di bagian bawah akan ada tulisan “Read Receipts”. Hilangkan centang pada kotak di sampingnya.

 

 

 

 

Setelah itu kamu bisa membaca pesan WhatsApp tanpa si pengirim mengetahuinya (menghilangkan tanda centang biru di perangkat mereka). Sebaliknya, kamu juga takkan mendapan penanda centang biru untuk pesan yang kamu kirimkan.

4. Cek kapan pesan kirimanmu terbaca

Centang biru menandakan bahwa pesan kirimanmu sudah terbaca oleh orang yang kamu tuju di dalam pengiriman pesan pribadi. Nah, ada caranya jika kamu mau tahu persis kapan orang itu membaca pesan tersebut. Caranya begini :

Long press pesan kirimanmu yang ingin kamu telusuri untuk memunculkan menu opsi di bagian atas. Klik titik tiga di pojok kanan untuk memunculkan dua pilihan lagi yakni “Info” dan “Copy”. Yang ingin kamu pilih adalah “Info”.

Setelah memilih “Info”, kamu akan dibawa ke halaman berisikan kapan pesan itu terkirim (Delivered/dua centang abu-abu) dan terbaca (Read/dua centang biru).

Patut diingat bahwa cara ini takkan berlaku jika kamu atau si pengirim tidak mengaktifkan “Read Receipts” untuk menghadirkan si centang biru.

5. Emoji Spesial

Apakah Kamu Sudah tahu kalau ada satu emosi spesial untuk mengungkapkan perasaan ke orang spesial? Jika belum tahu, emoji itu adalah emoji Love tapi bukan yang biasa karena yang ini, asalkan dipasang sendirian, bisa terlihat berdetak dan berukuran besar. Berikan emoji ini kepada sosok pencuri hatimu atau kekasih tericinta mu.

 

 

 

 

6. Share Location

Untuk membantu menemukan keberadaan Kamu, Ada cara agar kamu bisa berbagi lokasi diri ke teman-teman di grup WhatsApp atau orang tertentu. Kamu bisa share location untuk durasi 15 menit, 1 jam, dan 8 jam.

Untuk melakukannya, kamu tinggal masuk ke percakapan (baik individu maupun grup) yang ingin kamu share location.

Di sisi kanan bagian kotak tempat mengetik pesan, ada gambar paperclip yang perlu kamu klik. Akan muncul sejumlah opsi tapi yang ingin kamu pilih adalah “Location” dan kemudian “Share Live Location”. Disitu ada pilihan pilihan “ Berbagi Lokasi terkini “ yang mempunyai durasi waktu, atau Kamu bisa memilih opsi “ Kirim lokasi Anda saat ini” yang tidak ada batas waktunya.

 

 

 

 

7. Pasang kontak penting di posisi teratas

Ada cara agar sosok atau grup terpenting dalam kontakmu senantiasa nampang di bagian atas layar lewat keberadaan “Pin”, walaupun kamu cuma bisa mencantelkan tiga saja tapi ini juga cukup membantu.

Caranya simple aja. Pilih chat mana yang yang ingin kamu pin, lalu long press di chat tersebut. Bakal ada tanda centang di bagian profil picture chat itu sekaligus memunculkan menu opsi di bagian atas, dengan gambar pin yang kamu cari ada di posisi paling kiri.

Setelah pin-pin itu dipasang pada percakapan tiga orang (atau grup) dalam kontakmu, mereka akan senantiasa berada di posisi teratas tanpa tergeser ke bawah. Mereka pun bisa di-unpin agar tak lagi berada di posisi teratas.

 

8. Ganti ukuran font

Jika merasa kurang nyaman atau bosan dengan ukuran font WhatsApp di layar ponsel yang kamu gunakan saat ini, setidaknya ada tiga opsi yang bisa kamu pilih.

Masuk Settings > Chats > Font size. Di sini ada opsi Small, Medium, dan Large.

 

 

 

 

Ketika sudah merasa nyaman dengan ukuran font, kamu juga bisa mengutak-atik format font di percakapan WhatsApp. Yang biasa digunakan adalah bold atau italics. Caranya dengan menambahkan sejumlah simbol yang mengapit teks yang kamu inginkan. Berikut contoh format dan hasilnya.

*TEKS* = TEKS
_TEKS_ = TEKS

9. Tandai pesan penting untuk dilihat lagi nanti

Terkadang ada beberapa pesan yang penting yang tergeser dengan pesan – pesan yang baru. Untuk menandai informasi penting dalam sebuah percakapan agar kamu bisa melihatnya lagi nanti, ada cara mudah untuk melakukannya lewat keberadaan ikon “Bintang” alias “Starred”.

Caranya, long press sebuah pesan untuk memunculkan menu opsi di bagian atas. Lalu klik gambar bintang untuk “menyimpan” bagian dari percakapan tersebut.

 

 

 

 

Untuk melihat lagi pesan yang sudah kamu bintangi itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengakses titik tiga di halaman depan WhatsApp dan masuk ke bagian “Starred messages”. Seluruh pesan yang sudah kamu bintangi terkumpul di situ.

Jika kamu ingin melihat “Starred messages” pada masing-masing percakapan, baik di grup maupun chat individu, caranya nyaris mirip. Kamu tinggal masuk ke percakapan itu, klik tiga titik di kanan atas, lalu pilih “View contact” pada chat individu dan “Group info” untuk chat group. Di halaman berikutnya, kamu cuma perlu mengakses “Stared messages”.

 

 

 

 

10. Kutip/reply chat

Untuk mengutip atau me-reply sebuah chat, pertama-tama kamu bisa melakukan long press di chat tersebut untuk memunculkan menu opsi di bagian atas dan memilih tanda panah ke belakang yang berada di sisi paling kiri.

Nah, pada versi WhatsApp terkini sudah ada fitur swipe to reply. Kamu jadi cuma perlu melakukan swipe ke kanan pada sebuah chat untuk mengutip atau me-reply chat tersebut.

11. Blok chat para anggota grup

Jika kamu menjadi admin dari sebuah grup yang anggotanya sering ribut sendiri dan sulit ditengahi sampai bikin pusing, block chat ini sebuah cara efektif untuk mengatasi.

Di dalam grup, akses titik tiga di kanan atas > Group info > Group settings > Send messages. Ubah jadi “Only admins” untuk membungkam keriuhan para anggota yang sedang ribut di grup. Kini cuma para admin yang bisa nge-chat. Waktunya menengahi yang ribut!

12. Backup data di Google Drive

Fitur back up data di Google Drive membuatmu bisa dengan mudah melakukan restore chat dan media ketika ganti perangkat atau menginstall ulang WhatsApp.

Masuk ke Settings > Chat > Chat backup. Di bagian “Google Drive settings” akan ada pilihan seberapa rutin kamu melakukan backup otomatis, selain juga tidak pernah sama sekali (Never) atau secara manual (Only when I tap ‘Back up’).

Yang harus kamu perhatikan, bukan tak mungkin proses backup ini cukup mengonsumsi data jika perangkatmu cuma terkoneksi ke jaringan seluler. Tentunya yang ideal adalah rutin melakukan proses backup lewat jaringan WiFi.

 

 

13. Batasi penggunaan konsumsi data

Jika kamu punya banyak grup yang gemar berbagi segala macam foto atau video, tak ada salahnya kamu lebih selektif dalam penggunaan konsumsi data.

Masuk ke Settings > Data and storage usage

Di sini kamu punya beberapa opsi dalam menyeleksi konten-konten foto, audio, video, dan dokumen yang berpotensi besar konsumsi datanya.

Untuk menghemat, jika perangkatmu lebih sering mengandalkan koneksi mobile di ponsel, pastikan tak ada centang di keempat kotak yang ada pada bagian “when using mobile data”.

Dengan demikian konten-konten tersebut tidak akan otomatis masuk ter-download ke perangkatmu dan kamu perlu memilah-milah secara manual konten mana yang ingin kamu lihat.

 

 

14. Ganti nomor WhatsApp

Jika kamu harus melakukan penggantian nomor tapi ingin tetap mempertahankan akunmu yang sekarang, berikut cara untuk melakukannya.

Opsi tersebut ada di bagian Settings > Account > Change number. Kamu tinggal memasukkan nomor lama dan nomor barumu di tempat yang tersedia.

 

 

 

 

 

 

Oke sobat gadget, itu tadi sedikit rangkuman dan beberapa fitur yang ada di WhatsApp yang bisa membantu Kamu untuk bermedia social dengan baik.

Jangan lupa Like dan boleh SHARE jika info ini membantu atau ada sobat kita yang membutuhkan..

Terimakasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *