wisata sumatera utara bansolinc.com

Wisata Alam Datuk, Objek Wisata Pantai dengan Hutan Mangrove yang Sangat Mempesona di Sumatera Utara

Posted on
wisata sumatera utara bansolinc.com

Wisata Sumatera Utara – Wisata Alam Datuk atau yang sering dikenal dengan nama panggilan Pantai Datuk merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara. Batubara memang dikenal sebagai daerah di Sumatera Utara yang memiliki banyak sekali objek wisata, salah satunya Pantai Datuk. Pantai Datuk juga memiliki Hutan Mangrove yang sangat mempesona. Saat musim libur telah tiba, Pantai Datuk selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Baik yang datang dari dalam Sumatera Utara maupun yang datang dari luar Sumatera Utara.

baca juga : Sudah Tahu? 3 Destinasi Wisata Indonesia Ini Ternyata Sangat Mirip dengan Wisata Hits yang Ada di Luar Negeri !

Untuk bisa mencapai lokasi Wisata Alam Datuk tidaklah sulit.. Setiidaknya ada tiga pintu utama yang bisa dilalui, yaitu Simpang Kuala Tanjung, Simpang Empat Limapuluh, dan Simpang Sei Bejangkar. Selain karena pemandangannya yang sangat mempesona dengan Hutan Mangrove yang masih terjaga dengan sangat sempurna, biaya masuk ke panati ini juga tergolong sangat terjangkau. Kamu cukup membayar Rp.5.000,- per orang untuk bisa masuk ke Pantai Datuk.  Dengan uang Rp.5.000,- ini pun kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas toilet dan juga air bersih yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Saat kamu sudah tiba di pintu gapura Pantai Datuk, kamu akan disambut oleh para pedagang yang menjajakan makanan khas Batubara. Selain rasanya yang sangat enak, harga makanan yang dijual juga tidak terlalu menguras dompet kok. Ya kecuali kalau kamu makannya banyak. Pokoknya bagi kamu yang ingin liburan dengan biaya yang super-super irit, Wisata Alam Datuk mungkin bisa menjadi pilihan.

Di sekitar areal kawasan Hutan Mangrove tersebut juga terdapat banyak sekali monyet yang bergelantungan di atas pohon. Tenang saja, monyet tersebut tidak nakal kok. Monyet tersebut akan tampak berlarian saat diberikan makanan oleh para pengunjung. Bagi kamu yang tidak terbiasa dengan satwa liar pasti akan merasa takut. Namun tenang saja, monyet-monyet yang hidup di Hutan Mangrove Pantai Datuk ini tidaklah nakal kok. Asal kamu tidak mengganggu habitat monyet-monyet tersebut.

Pantai Datuk memang terkenal sebagai pantai yang sangat terjaga kebersihannya. Hal ini karena pihak pengelola Pantai Datuk selalu membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para pengunjung setiap harinya. Namun sayang, kamu tidak dapat bermain air di sekitaran Pantai Datuk. Hal ini disebabkan karena di sekitaran Pantai Datuk banyak sekali lumpur hidup yang  tentunya dapat membahayakan para pengunjung yang nekat ingin bermain air di sekitaran Pantai Datuk. Namun tidak apa-apa, kamu masih bisa kok menyaksikan pemandangan pantai dan juga desiran angin yang senagat sejuk di pantai ini.

Pantai Datuk juga banyak sekali memiliki spot foto yang sangat indah. Karena para pengunjung tidak dapat bermain air di Pantai Datuk, pihak pengelola akhirnya memutuskan untuk membuat banyak sekali arena spot foto yang sangat menarik. Hal ini dilakukan agar para pengunjung yang datang tidak merasa bosan ketika berada di Pantai Datuk. Setidaknya ada lebih dari 30 arena spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola untuk para pengunjung menghabiskan waktu dengan berfoto selfie. So, liburan kamu di Pantai Datuk akan terasa sangat bermakna dan tidak membosankan.

baca juga : Ayo ke Blitar ! 4 Pantai yang Sangat Menarik untuk Dikunjungi

Jika kamu lapar, kamu bisa membeli makanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima di pantai ini. Namun alangkah sebaiknya untuk membawa makanan dari rumah saja. Karena makanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima di pantai ini belum tentu terbukti bagus bagi kesehatan. Itulah sekilas ulasan tentang objek Wisata Alam Datuk. Semoga Bermanfaat!

Jangan lupa LIKE dan SHARE supaya bermanfaat untuk yang lain. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *