Wisata Jogja – Pantai Parangtritis

Posted on

Berwisata ke Jawa Tengah tentu para sobat traveller tidak pernah melewatkan yang namanya Jogja. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang kunjungan saya ke salah satu destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta mungkin para traveler sudah sangat familiar dengan pantai Parangtritis yang merupakan objek wisata yang terkenal di Kabupaten Bantul. Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para Traveler jaraknya tidak jauh, 27 km dari pusat Kota Jogjakarta kalau ditempuh dengan kendaraan sepeda motor kurang lebih 1 jam dengan kecepatan 60 km per jam.

Yang membuat Pantai Parangtritis sangat populer dikalangan pantai-pantai yang lain adalah karena pantai ini berkaitan erat dengan cerita Keraton Yogyakarta. Ada di artikel lain mengatakan bahwa Jika kita menarik garis lurus pada peta dari pantai Parangtritis sampai ke Gunung Merapi maka Keraton Jogja berada sejajar atau berada di garis lurus tersebut. Ini adalah salah satu bukti bahwa Keraton Yogya tak sembarangan memilih lokasi untuk mendirikan kerajaan setelah pecah dari kesultanan di Surakarta atau di Solo. Selain itu Pantai Parangtritis juga selalu dikait-kaitkan dengan mitos Ratu Pantai Selatan atau atau lebih sering disebut dengan Nyi Roro Kidul.

Di Pantai Parangtritis terkenal dengan hamparan pasir yang luas. Di sana banyak wahana yang bisa kita nikmati mulai dari selancar di pasir, bermain ATV dan masih banyak lagi. Pantainya pun ya cukup bersahabat, yang penting kita selalu mengikuti arahan dari pengelola. Biaya masuk ke Pantai Parangtritis pun sangat murah Anda akan dimintai retribusi sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000 dan setelah sampai di lokasi anda hanya dimintai biaya parkir yang cukup murah. Kali ini saya akan membagikan sedikit info tentang pantai Parangtritis.

Baca juga : 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib di Kunjungi

Harga Tiket masuk Pantai Parangtritis Bantul Jogjakarta

  1. Harga tiket masuk Rp 3.000,- per orang
  2. Harga tiket masuk kendaraan untuk motor Rp 1.000 per motor dan untuk mobil Rp 5.000,- per mobil
  3. Tarif parkir motor Rp 3.000,- per motor dan parkir mobil Rp 5.000,- per mobil
  4. Tarif menyewa ATV antara Rp 50.000,- sampai Rp 100.000,- per 30 menit.
  5. Tarif menyewa Andong ( kereta kuda ) Rp 20.000,- per putaran

Untuk operasional di pantai ini 24 jam dari hari Senin sampai Minggu. Dengan jam operasional yang sangat bersahabat tentu para Sobat traveller bisa memilih kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis. Bagi pemburu Sunrise bisa mengatur jadwal untuk kesini dan di sekitar Pantai Parangtritis juga banyak penginapan yang siap menerima sewa. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *