Wow!! Ibu Rumah Tangga Ini Lebih Bugar Setelah Melakukannya

Posted on

Olahraga Untuk Ibu Rumah Tangga

Banyak ibu tidak mau berolahraga karena mereaka merasa bersalah meninggalkan si balita untuk berolahraga. Itu sebabnya, olahraga tak lagi jadi prioritas Anda. Padahal, di rumah pun, dengan jumlah waktu yang sedikit, olahraga dapat membuat Anda sehat dan bugar.

baca juga :8 Manfaat Penting Olahraga untuk Ibu Hamil

Olahraga diperlukan untuk memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Bila metabolisme tubuh baik, pikiran rileks dan ketegangan menurun. Anda lebih bersemangat dan gembira menjalani rutinitas pekerjaan, pengasuhan anak dan urusan rumah tangga yang lain.

Sebagai ibu rumah tangga juga terkadang memiliki musuh tak terlihat, yaitu berat badan. Banyak yang berpendapat setelah menjadi seorang ibu akan otomatis badan menjadi lebih berat atau lebih gemuk dari sebelumnya. Maka banyak yang berusaha untuk menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal seperti sebelum menjadi ibu. Maka olahraga termasuk salah satu solusinya. Dan juga tetap memperhatikan beberapa kebiasaan yang bisa menjadikan ibu rumah tangga itu kelebihan berat badan.

Disini saya akan berbagi tips ringan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah sebagai ibu rumah tangga.

Tak perlu berjam-jam. Hanya 30 menit setiap hari untuk berolahraga, sudah bisa membuat Anda bugar. Berikut ini beberapa gerak olahtubuh yang dapat Anda lakukan selama seminggu. Waktunya (pagi, sore atau malam) Anda tentukan sendiri mana yang paling memungkinkan.

Olahraga Untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Yoga
    Bangun tidur sebelum beranjak dari kasur, kamu bisa olahraga sebentar. Misalnya mengangkat tubuh seperti ini. Bukan hanya bisa melatih otot punggung, tapi juga otot kaki dan pinggul. Ulangi 3 hingga 5 kali.
  2. Masak
    Kata siapa masak tak bisa membakar banyak kalori. Kamu bisa belanja, berjalan kaki, berdiri, mencuci sayur, menyiapkan masakan, dan ini adalah olahraga yang intens tanpa kamu sadari.
  3. Mengantar anak sekolah
    Jika sekolah anak dekat, jalan kaki atau bersepeda saja ke sekolah sambil menikmati udara segar dan pemandangan.
  4. Plank
    Saat semua pekerjaan rumah sudah selesai dan sudah mengantar anak ke sekolah, kamu bisa melakukan plank sebentar. Cukup 30 detik untuk permulaan.
  5. Mencuci piring sambil squat
    Kamu bisa mencuci piring sambil sesekali melakukan squat saat menaruh peralatan masak di rak bawah. Kamu juga bisa menyalakan musik, dan mencuci piring sambil bernyanyi.
  6. Membersihkan rumah sambil bergoyang
    Nyalakan musik, dan kamu bisa menyapu, mengelap meja dan kursi dengan sesekali nge-dance menggoyangkan tubuhmu.
  7. Peregangan setelah bersih-bersih
    Bahkan istirahat setelah bersih-bersih juga bisa membakar kalori. Lakukan peregangan dengan melipat tangan, kaki dan memutar kepala sambil berdiri. Duduk tegak, push-up meja, dan lainnya.

Kamu juga bisa menanam labu, mencabut rumput, membersihkan taman, menguras kamar mandi, cuci baju dan lain sebagainya. Bahkan memutar CD senam jika ingin lebih berkeringat.

Nyatanya berolahrag saja mungkin tidak cukup. Masih ada beberapa cara mudah dan alami sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Yuk coba lakukan!

baca juga : Bolehkan ibu hamil bersepeda? Manfaat dan Tips Aman Bersepeda Ibu Hamil

Tips Mudah Menurunkan Berat Badan

1.Jangan langsung makan ketika lapar

Sebuah studi merekomendasikan salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar yang datang. Saat terasa lapar cobalah untuk memberi waktu sekitar 10 menit sebelum memutuskan untuk makan. Sebab saat tubuh kekurangan cairan, ia akan mengeluarkan sinyal lapar dan sinyal lapar palsu tersebut biasa berlangsung selama 10 menit. Maka, cobalah tunggu sekitar 10 menit jika tak kunjung hilang setelah minum air artinya Ibu memang butuh makan.

2.Pilih buah yang tepat untuk menahan rasa lapar

Banyak Ibu yang memilih buah sebagai menu makanan sehari-hari. Hal ini tepat dilakukan namun Ibu perlu memilih buah yang memang tak hanya memberikan rasa kenyang tetapi bisa menahan rasa lapar. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah alpukat. Buah yang mengandung lemak sehat dan asam oleat dapat mengurangi rasa lapar. Kandungan serat dalam alpukat juga dapat membantu cegah penambahan berat badan.

3.Jangan terlalu lama duduk

Cara ini sangat cocok dengan hal yang Ibu lakukan sehari-hari sebagai Ibu rumah tangga. Pastinya mengasuh anak dan mengurus rumah membuat Ibu aktif bergerak dan sulit untuk duduk santai. Sebuah riset mengungkapkan bahwa saat duduk kita bisa membakar kalori 100 kkal per jam. Sementara saat berdiri bisa membakar hingga 140 kkal per jam.

4.Makan protein di pagi hari

Masalah yang umum dialami banyak orang adalah lapar di malam hari. Pastinya setelah seharian lelah mengasuh anak Ibu sering lapar di malam hari yang berpotensi berat badan naik. Makan banyak protein di pagi dan siang hari akan membuat Ibu merasa jauh lebih kenyang sehingga tak terlalu banyak makan di sore hingga malam hari.

Semoga bermanfaat. Silahkan share ke bunda yang lain ya…

 

referensi :

https://www.vemale.com/kesehatan/97325-7-olahraga-yang-bisa-banget-dilakukan-saat-jadi-ibu-rumah-tangga.html

https://www.ayahbunda.co.id/keluarga-gizi-kesehatan/ibu-rumah-tangga-perlu-olahraga

http://nakita.grid.id/read/0212664/cocok-untuk-ibu-rumah-tangga-yang-tak-sempat-berolahraga-dan-sibuk-mengurus-anak-ini-cara-menurunkan-berat-badan-secara-alami?page=all

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *